BERITA

Perkuat Ekosistem Ekspor Nasional, Asuransi ASEI Teken Mou dengan GPEI dan Sekolah Ekspor

Jakarta, Bumntrack.co.id – Sebagai upaya peningkatakan ekosistem ekspor nasional, PT Asuransi Asei Indonesia (Asuransi Asei) memperkuat sinergi dan kolaborasi melalui penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) dengan Gabungan Perusahaan Ekspor Nasional Indonesia (GPEI) dan Sekolah Ekspor. Penandatanganan MoU dilakukan oleh Direktur Utama Asuransi Asei, Arie Surya Nugraha dengan Ketua Umum GPEI, H. Benny Soetrisno dan dengan Kepala Sekolah Ekspor, Handito Joewono.

“Ruang lingkup kerja sama antara Asuransi Asei dengan GPEI dan Sekolah Ekspor antara lain meliputi, sosialisasi pengenalan produk asuransi ekspor, pelaksanaan kegiatan promosi bersama, pertukaran data dan informasi terkait perkembangan ekspor, menjadi bagian sebagai narasumber dalam kegiatan pelatihan, partisipasi pada event-event yang diselenggarakan GPEI maupun Sekolah Ekspor terkait ekspor,” kata Direktur Utama Asuransi Asei, Arie Surya Nugraha dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Jumat (10/6/22).

Menurutnya, kesamaan misi dalam upaya pengembangan ekspor nasional, baik dalam hal peningkatan daya saing eksportir maupun peningkatan jumlah eksportir baru menjadi dorongan untuk melaksanakan komitmen masing-masing secara efektif. Asuransi Asei terus memainkan peran lebih aktif dalam upaya-upaya peningkatan kapasitas kepada para eksportir melalui berbagai kegiatan bersama dengan GPEI dan Sekolah Ekspor serta menghadirkan solusi proteksi terhadap risiko-risiko kegiatan ekspor. Dengan demikian, para pelaku ekspor diharapkan dapat terus bertumbuh baik dari sisi jumlah eksportir baru maupun bertumbuh dari sisi bisnisnya untuk terus melakukan ekspansi menembus pasar global dengan rasa aman.

Upaya-upaya dalam mendongkrak ekspor Indonesia ke pasar global perlu terus dilakukan secara terstruktur dan berkelanjutan dengan melibatkan partisipasi berbagai pihak. Beberapa waktu lalu Asuransi Asei bersama dalam IndonesiaRe Group telah menandatangani MoU dengan Etihad Credit Insurance (ECI) yang salah satu tujuan utamanya adalah peningkatan ekspor ke wilayah Uni Emirat Arab (UEA).

Pada bulan lalu, tepatnya tanggal 27 Mei 2022 juga telah dilakukan penandatanganan MoU dengan Direktorat Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Kementerian Perdagangan, dan saat ini sedang disusun inisiatif-inisiatif program strategis yang akan dilakukan dalam mendorong peningkatan ekspor Indonesia.
Melalui kerjasama ini diharapkan dapat terjalin sinergitas dan kolaborasi secara optimal dalam satu ekosistem peningkatan ekspor nasional ke depan.

Artikel Terkait

Back to top button