BERITACSR

Perluas Akses Pasar, Bank Mandiri dan ID Food Gelar Bazaar UMKM Sarinah 2023

Jakarta, BUMN TRACK – Sebagai wujud dukungan terhadap pengembangan ekonomi para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM), Kementerian BUMN mendorong BUMN menggelar Bazaar UMKM. Kali ini, Bank Mandiri berkolaborasi dengan ID Food menggelar Bazaar UMKM Sarinah 2023 yang berlangsung pada Kamis-Minggu, 26-29 Oktober 2023.

Staf Ahli Bidang Keuangan dan Pengembangan UMKM Kementerian BUMN, Loto Srinaita Ginting mengatakan pelaksanaan bazar UMKM ini memberi ruang produk-produk UMKM untuk tampil di lokasi premium pusat kota Jakarta tepatnya di Sarinah yang memang lekat dengan produk lokal dan UMKM.

“Harapan kami perluasan pasar produk unggulan UMKM yang ikut dalam bazar ini tidak hanya sampai dengen event selesai, tetapi terus berkelanjutan baik di platform PaDi UMKM maupun masuk dalam pasar ritel Sarinah secara reguler,” ujar Loto di Jakarta, Minggu (29/10/23).

Pameran ini diikuti oleh 103 UMKM dari Rumah BUMN yang terdiri dari 93 UMKM binaan Bank Mandiri dan 10 UMKM Binaan RNI.

“Rumah BUMN harus menjadi tempat sarana belajar dan membina para pelaku UMKM untuk bisa naik kelas dan berkualitas. Hal ini merupakan bentuk konsistensi Bank Mandiri dalam mengembangkan UMKM di Tanah Air agar dapat mengeskalasi bisnisnya,” kata Corporate Secretary Bank Mandiri Rudi As Aturridha.

Rumah BUMN telah mendorong para UMKM untuk memiliki legalitas usaha dan mendorong UMKM untuk Go Modern, Go Online, dan Go Digital. Sehingga, nantinya dengan dukungan banyak pihak, UMKM binaan ini mampu membawa produknya untuk Go Global sehingga mereka memiliki akses pemasaran yang lebih luas.

“Saat ini, Bank Mandiri memiliki lebih dari 9.500 UMKM binaan aktif yang tersebar di seluruh Indonesia. Pelibatan UMKM pada kegiatan bazaar seperti ini merupakan salah satu bentuk dukungan Bank Mandiri terhadap upaya peningkatan akses pemasaran UMKM karena Sarinah merupakan salah satu pusat keramaian di ibu kota,” ujar Rudi.

Menurutnya, 93 UMKM Binaan Bank Mandiri ini berasal dari Rumah BUMN yang ada di Jakarta Selatan, Bogor, Cilegon, Semarang, dan Surabaya. Mereka bergerak di berbagai sektor usaha seperti fesyen, kerajinan (craft), makanan dan minuman (F&B), dan kecantikan (beauty).

Corporate Secretary ID FOOD Yosdian Adi Pramono mengatakan, Holding BUMN Pangan mendukung penuh upaya Kementerian BUMN memperkuat sektor UMKM melalui sinergitas bersama BUMN. Pihaknya meyakini, peran UMKM dalam menopang ekosistem usaha khususnya pangan sangat penting.

“Saat ini lini bisnis ID FOOD di sektor pangan dari mulai gula, peternakan, perikanan, garam, tanaman pangan, serta perdagangan tumbuh dan berkembang melalui kolaborasi dengan para pelaku UMKM. Hal ini sejalan dengan tujuan pembentukan Holding BUMN Pangan yaitu mewujudkan inklusifitas UMKM, petani, peternak, nelayan,” ujarnya.

ID Food secara aktif terus menambah kolaborasi kerja sama dengan UMKM di segala lini sektor khususnya di sektor pengan yang mendukung Supply Chain Pangan ID Food dengan total per September sebanyak 44.556 UMKM, seperti Petani tebu sebanyak 24.365, petani padi sebanyak 2.944, petani garam sebanyak 94, peternak sebanyak 64, nelayan sebanyak 816,dan Mitra UMKM Warung Pangan sebanyak 16.273.

ID FOOD juga mendukung pengembangan UMKM melalui platform digital PaDi UMKM yang dikembangkan Kementerian BUMN. Total transaksi ID FOOD Group di PaDi UMKM pada tahun 2023 sampai dengan 26 Oktober 2023 tercatat telah mencapai Rp 10,2 miliar.

Bazaar UMKM Sarinah 2023 juga menggelar berbagai kegiatan menarik lainnya. Ada talkshow bagi UMKM untuk memanfaatkan platform PaDi UMKM sebagai pasar digital yang diinisiasi oleh Kementerian BUMN.

Selain itu, pengunjung akan diajak untuk mengikuti berbagai workshop kerajinan tangan mulai pembuatan chunky bag, decoupage, hingga gantungan tas secara gratis. Kemudian, guna meningkatkan gaya hidup sehat, kegiatan ini akan ditutup dengan gelaran pound fit bersama di hari Minggu.

Lebih meriahnya lagi, Bank Mandiri menebar berbagai promo spesial bagi para pengunjung yang melakukan transaksi di Bazar UMKM Sarinah 2023 ini. Mulai dari cashback 50% Transaksi Pakai QRIS Livin’ by Mandiri bagi nasabah baru.

Lalu cashback 30% Transaksi Pakai QRIS Livin’ by Mandiri untuk nasabah eksisting. Kemudian, Reward hingga Rp 50.000 dengan Buka Rekening Tabungan Now dan Aktivasi Livin’ by Mandiri. Juga ada Diskon 50% tukar livin’poin bila melakukan transaksi menggunakan Mandiri Kartu Debit dan Kartu Kredit.

Artikel Terkait

Back to top button