BERITA

Pertama di Indonesia, SPKLU Berteknologi Ultra-Fast Charging

Jakarta, Bumntrack.co.id – PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) terus mendorong masyarakat menggunakan energi yang ramah lingkungan melalui penggunakan kendaraan listrik. Seteleh peresmian di AEON Mall BSD, PLN Unit Induk Distribusi Jakarta Raya memperkenalkan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) dengan teknologi ultra-fast charging pertama di Indonesia dan masih menjadi satu-satunya di Indonesia.

“SPKLU berkapasitas 150 kiloWatt ini mampu mengisi energi mobil listrik dari kosong hingga penuh dalam waktu sekitar 20 menit dan baru tersedia di halaman kantor PLN UID Jakarta Raya,” kata M. Ikhsan Asaad, General Manager PLN UID Jakarta Raya dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Rabu (30/10).

Selain itu, PLN UID Jakarta Raya juga menyediakan 2 unit SPKLU teknologi fast charging dengan masing-masing daya 50 kiloWatt dan 25 kiloWatt. SPKLU fast charging 50 kiloWatt ini mampu mengisi energi mobil listrik dari kosong hingga penuh dalam waktu sekitar 1 hingga 1,5 jam sedangkan SPKLU fast charging 25 kiloWatt mampu mengisi energi mobil listrik dari kosong hingga penuh dalam waktu sekitar 2,5 hingga 3 jam.

“Di Jakarta dan sekitarnya sendiri, SPKLU PLN untuk mobil listrik sudah terpasang 6 unit,” tambahnya.

SPKLU tersebut, tiga unit terpasang di halaman kantor PLN UID Jakarta Raya, 1 unit terpasang di halaman kantor PLN UP3 Bulungan, 1 unit terpasang di Senayan City Mall, dan 1 unit terpasang di AEON Mall Bumi Serpong Damai. Menyusul akan terpasang di Pondok Indah Mall.

Sebelumnya PLN juga telah menggandeng kerjasama dengan 20 mitra strategis dalam kerjasama percepatan kendaraan bermotor listrik berbasis baterai untuk transportasi jalan dan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) beberapa waktu yang lalu.

Dalam tahun ini, PLN berencana membangun 10 SPKLU di seluruh Indonesia. Secara berangsur sampai tahun depan, diharapkan jumlahnya terus bertambah, guna menunjang hadirnya perangkat kendaraan listrik mulai dari mobil listrik berbasis baterei, skuter (motor listrik), dan berbagai kendaraan listrik lainnya.

Selain itu, PLN UID Jakarta Raya juga meresmikan coffee shop PLN pertama, yaitu Stroom Coffee. Stroom Coffee merupakan salah satu layanan one stop service yang dipadukan dengan charging Station kendaraan listrik. Di depan Stroom Coffee ini terdapat charging station, baik untuk mobil maupun untuk motor listrik, sehingga pemilik kendaraan listrik bisa menge-charge kendaraannya sembari menikmati waktu di Stroom Coffee.

Tags
Show More

Artikel Terkait

Back to top button
Close