Pertama Kali dalam Sejarah, PLN Punya Direktur Niaga dan Manajemen Pelanggan

E-Magazine November - Desember 2024

Jakarta, Bumntrack.co.id – Menteri BUMN, Erick Thohir telah merombak jajaran Direksi PT PLN (Persero) yang tertuang dalam Keputusan Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) PLN tanggal 14 Mei 2020 tentang Pemberhentian, Perubahan Nomenklatur Jabatan, Pengalihan Tugas dan Pengangkatan Anggota-anggota Direksi Perusahaan Perseroan (Persero) PT Perusahaan Listrik Negara.

Dalam perombakan kali ini ada yang menarik, yaitu Pertama kali dalam sejarah, Menteri BUMN menambahkan nomenklatur Direksi baru, yaitu Direktur Niaga dan Manajemen Pelanggan yang dijabat oleh Bob Saril.

“Penambahan Direksi di PLN ini diharapkan bisa meningkatkan pelayanan PLN kepada pelanggannya. Terlebih, saat ini jumah pelanggan PLN mencapai lebih dari 75 juta pelanggan di seluruh Indonesia. Perusahaan sebesar dan sekompleks PLN harus memiliki direktur Niaga yang akan memikirkan kebijakan korporasi dan analisa komprehensif terkait pengembangan kegiatan usaha dan perdagangan selain juga melakukan pengawasan atas kegiatan penjualan dan pemasaran; serta memelihara dan mengembangkan hubungan baik dengan pelanggan,” kata Menteri BUMN, Erick Thohir di Jakarta, Minggu (17/5).

Guru Besar Universitas Indonesia (UI), Rhenald Kasali menilai perombakan penambahan direktur Niaga dan Pelanggan dianggap brilian. Penambahan direksi baru ini menjadi sinyal bagi manajemen PLN untuk mengubah image perusahaan listrik milik negara tersebut. Pasalnya, selama ini PLN lebih berperan sebagai public utilities, layaknya layanan pemerintahan pada umumnya. Padahal, di era modern seperti sekarang ini tuntutan para pelanggan lebih kompleks.

“Sekarang ini yang dituntut masyarakat itu utamanya soal service bukan hanay sebagai public utilities. Kalau service, masyarakat sekarang sudah lebih maju tidak sesederhana dulu. Seperti buka telfon rumah, kalau mau bayar Rp2 juta, kalau tidak mau ya sudah. Tidak bisa lagi seperti itu,” ucap dia.

PLN saat ini dihadapkan dengan berbagai kompetisi dalam sumber tenaga listrik. Untuk itu perbaikan layanan dan inovasi dalam pemanfaatan listrik ini menjadi satu kunci untuk memenangkan persaingan tersebut.

Dia mencontohkan, dalam situasi seperti sekarang ini, dimana banyak pabrik mengentikan produksinya dampak dari pandemi Covid-19, tentunya konsumsi listrik menjadi sangat melimpah. Tentunya ini menjadi pekerjaan rumah bagi PLN untuk bagaimana memanfaatkan kelebihan pasokan seperti sekarang.

“Itu adalah tugas Direktur Niaga dan Manajemen Pelanggan. Saya kira terobosan yang dilakukan Pak Erick Thohir bagus sekali,” pungkas Rhenald Kasali.

Bagikan:

#BUMN Award #BBMA Award
#Anugerah BUMN 2024
#BTN Persaingan Usaha  #3000 KPR Prabowo #Talenta BSI. #Pengelolaan sampah BNI. #Akad Masal KPR BTN

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Ut elit tellus, luctus nec ullamcorper mattis, pulvinar dapibus leo.