CSR

Pertamina Fasilitasi UMKM Binaan Promosi dan Pengembangan Pasar

Jakarta, Bumntrack.co.id – Dalam rangka peringatan bulan UMKM nasional, Pertamina memberikan Pelatihan “Branding Produk Anda Sudah Benar, Konsumen Akan Datang” yang diikuti oleh 121 orang mitra binaan yang tersebar di seluruh Indonesia. Hal tersebut dilaukan untuk mendukung UMKM terus tumbuh dan berkembang menjadi pelaku usaha yang mandiri.

“Pertamina memberikan pembinaan salah satunya dengan mengadakan pelatihan kepada UMKM, dalam hal ini pelatihan Branding Produk yang bertujuan agar menarik minat konsumen untuk lebih mengingat, mengenali hingga merekomendasi produk kepada konsumen lainnya,” kata Vice President Corporate Communication PT Pertamina (Persero), Fajriyah Usman di Jakarta, Minggu (23/8).

Pelatihan kali ini menghadirkan Brand Consultant, Ainur Rofiq yang menekankan pentingnya branding bagi pelaku UMKM. Ainur Rofiq merupakan Branding Consultant dari Dbrandcom yang merupakan founder SIKUSIKU Studio serta PT ibrand dengan spesialisasi Product Design, Crafting Lab dan Brand Creator. Ainur Rofiq juga telah menangani lebih dari 200 Brand nasional dan internasional yang ada di Indonesia.

“Branding merupakan salah satu faktor yang cukup signifikan bagi calon pelanggan dalam memutuskan untuk membeli suatu produk,” ujar Ainur.

Proses branding sendiri, tambah Ainur, merupakan sebuah upaya untuk membentuk citra dan rasa keterikatan secara emosional antara pelanggan dengan merk produk, serta upaya untuk membedakan diri dari kompetitor. “Salah satu upaya membentuk citra rasa adalah dengan membangun branding produk. Dengan melakukan upaya ini, pengusaha UMKM diharapkan dapat semakin menunjukan kualitas produk yang ditawarkan sekaligus meningkatkan kredibilitas bisnis di mata pelanggan,” imbuhnya.

Para peserta sangat antusias, dan merasa sangat bermanfaat. Permata Kamila, pelaku UMKM dari Situbondo, mengatakan, sangat terbantu dengan adanya pelatihan ini, sekaligus termotivasi untuk mempertahankan produknya. “Pelatihan branding produk ini sangat membantu untuk semakin yakin membuat brand sendiri dan lebih percaya diri,” ungkapnya.

Show More

Artikel Terkait

Back to top button