CSR

Pertamina MOR III Ajak Millenials Aktif Jaga Hayati Jakarta

Jakarta, Bumntrack.co.id – Pulau Tidung, salah satu pulau di gugusan Kepulauan Seribu, sudah dikenal sebagai salah satu tempat wisata bahari. Pesona alamnya menjadi magnet bagi penggemar wisata laut untuk melakukan berbagai aktivitas, seperti snorkeling, diving, atau sekedar berjalan di pinggir pantai menikmati pasir putih dan keragaman hayati di sekitar pulau.

Melihat pentingnya pulau ini, PT Pertamina (Persero) melalui Marketing Operation Region (MOR) III melakukan pelestarian mangrove dan terumbu karang untuk memperkaya keragaman hayati di Pulau Tidung. Pada kegiatan ini, Pertamina menggandeng perwakilan Duta Sahabat SEMATA (Save Maskot Jakarta) Pertamina, Karang Taruna Pulau Tidung, serta Kelurahan Pulau Tidung.

“Keberadaan mangrove dan terumbu karang sangat penting dalam rangka menjaga ekosistem rantai makanan Elang Bondol. Karena itu, kami bersama Sahabat SEMATA, serta masyarakat Pulau Tidung melakukan kampanye ini untuk meningkatkan kepedulian pada ekosistem,” kata Unit Manager Communication Relations MOR III, Eko Kristiawan di Jakarta, Kamis (17/9).

Menurutnya, Elang Bondol menjadi salah satu obyek pengembangan hayati Pertamina karena Elang Bondol merupakan maskot DKI Jakarta yang berarti penting untuk dijaga keberlangsungannya. Saat ini, Elang Bondol telah menjadi hewan endemik yang dilindungi UU No.5 Tahun 1990 dan diatur dalam PP No.106 Tahun 2018. Selain itu, International Union for Conservation of Nature (IUCN) menetapkan statusnya sebagai Least Concern (rentan kepunahan).

“Sejak tahun 2016, Pertamina bekerjasama dengan Jakarta Animal Aids Network (JAAN) untuk melestarikan Elang Bondol. Selain karena sebagai simbol DKI Jakarta, kami meyakini elang ini memiliki posisi yang penting pada rantai makanan,” jelasnya.

Ana Askuri Ketua Karang Taruna Pulau Tidung mengapresiasi upaya Pertamina, terlebih dengan menggandeng generasi muda yang berasal dari wilayah Pulau Tidung sendiri. “Banyak anak muda potensial yang mau bergerak dan peduli pada kelangsungan ekosistem, terutama habitat Elang Bondol sebagai maskot Jakarta. Sebagai generasi penerus, kami berkomitmen untuk menjaga keragaman hayati ini sebaik-baiknya,” jelasnya.

Selain penanaman mangrove dan terumbu karang, Pertamina berencana mengembangkan potensi wisata Pulau Tidung, dengan membuat media edukasi mengenai Elang Bondol. Media edukasi ini akan meningkatkan pemahaman masyarakat terutama wisatawan yang berkunjung di Pulau Tidung, mengenai keberadaan Elang Bondol serta keunikannya sebagai hewan yang perlu dilestarikan.

“Dengan menjaga habitat Elang Bondol ini, kami berharap masyarakat bisa melihat secara langsung keberadaan Elang Bondol. Terutama bagi masyarakat Jakarta, sehingga akan menimbulkan kebanggaan pada maskot ibukota ini,” tutup Eko.

Show More

Artikel Terkait

Back to top button