CSR

Pertamina MOR VI Gulirkan Pinjaman Modal Usaha Rp4 Miliar

Jakarta, Bumtrack.co.id – Dalam rangka mendorong pertumbuhan ekonomi di kala pandemi Covid-19, PT Pertamina memberikan pinjaman modal usaha kepada 23 UMKM Kota Balikpapan sebesar Rp4 miliar di Kantor Pertamina MOR VI. Pinjaman modal usaha ini merupakan salah satu program Pertamina dalam bentuk Program Kemitraan.

“Penyaluran ini merupakan bentuk komitmen Pertamina kepada masyarakat sekitar, dalam hal ini para pelaku UMKM sebagai bagian dari program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL),” kata Susanto August Satria, Unit Manager Comm, Rel & CSR Kalimantan dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Selasa (15/12).

Tidak hanya modal usaha, Pertamina juga memberikan pembinaan seperti pelatihan dan pameran seperti yang sudah dirasakan teman-teman UMKM yang sudah lebih dahulu menjadi mitra binaan Pertamina. Sepanjang tahun 2020, Pertamina sudah menyalurkan lebih kurang sebesar Rp15 miliar kepada pelaku UMKM Kota Balikpapan. Penyaluran yang diberikan antara lain pada sektor perdagangan, industri rumah tangga dan ekonomi kreatif, perkebunan, peternakan dan jasa.

Selain penyaluran modal usaha, dalam Program Kemitraan ini Pertamina juga memberikan pembinaan kepada para pelaku UMKM, mulai dari pelatihan, sertifikasi, workshop hingga pameran-pameran. Untuk tahun 2020 sendiri, mengikuti protokol covid-19, Pertamina telah melaksanakan pameran dalam upaya peningkatan kembali usaha UMKM di seluruh Indonesia yang tergabung dalam pameran SMEXPO yang telah sukses dilakukan pada awal Oktober lalu.

Reinca Wangsa Gunasih, salah satu pelaku UMKM penerima dana program kemitraan Pertamina bersyukur bisa bergabung dan bermitra karena manfaatnya sangat banyak bagi para pelaku UMKM.

“Pinjaman modal usaha dari Pertamina ini amat sangat bermanfaat bagi kami para pelaku UMKM Kota Balikpapan. Terutama masih dalam masa pandemi ini, kami UMKM sangat tertatih dalam menjalankan usaha kami, program pinjaman modal usaha dari Pertamina ini berhasil membuat kami mulai berdiri kembali dan optimis kembali dalam menjalankan usaha,” ujar Reinca.

Artikel Terkait

Back to top button