BERITA

Pertamina Teken Kontrak Baru, Garap Blok Migas di Algeria Hingga 35 Tahun Ke Depan

Bumntrack.co.id. Jakarta – Pertamina mendapatkan perpanjangan kontrak konsesi dalam pengelolaan blok Menzel Ledjmet Nord (MLN) di Algeria. Dalam kontrak yang ditandatangani di Algiers pada Kamis 15 Juni lalu, Pemerintah Algeria mempercayakan pengelolaan blok migas tersebut kepada Pertamina hingga 35 tahun ke depan. Perpanjangan ini menunjukkan kepercayaan pemerintah Algeria kepada kinerja Pertamina.

“Blok migas di Algeria menjadi salah satu andalan penyumbang produksi migas dari luar negeri bagi Perseroan. Akuisisi blok migas di luar negeri dengan konsep “bring the barrel home” adalah langkah strategis Pertamina untuk menjaga ketahanan energi nasional,” ujar Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati kepada wartawan di Jakarta, Minggu (18/6/23).

Dalam kontrak baru ini, lanjutnya, selain produksi minyak mentah, Pertamina juga diberikan ijin untuk membangun pabrik LPG dengan kapasitas 1 juta metric ton per tahun, dimana produknya akan dibawa ke Indonesia. “Dengan terobosan baru ini, diharapkan bisa mengurangi impor LPG dan memperkuat neraca perdagangan Indonesia,” jelasnya.

Pada saat yang sama, blok migas Algeria ini juga memiliki potensi dalam pengembangan energi terbarukan khususnya Solar PV yang akan dimanfaatkan menjadi green electricity supply untuk operasional blok migas. “Ini merupakan wujud komitmen Pertamina yang sangat kuat dalam menurunkan karbon emisi dalam seluruh kegiatan usahanya sejalan dengan penerapan ESG,” tandas Nicke.

Menzel Ledjmet Nord (MLN) Oil Field Algeria adalah salah satu lapangan migas di Gurun Sahara, Algeria yang telah beroperasi secara penuh oleh PT Pertamina (Persero) sejak Mei 2014, melalui subholding Hulu. Blok ini memiliki kapasitas minyak sebesar 35.000 barrel of oil per day (BOPD) dan telah memiliki memiliki 58 solar panel yang menghasilkan 1,141 kilowatt hour (kWh) per tahun, sehingga berdampak pada penurunan emisi hingga 7.507 ton CO2 per tahunnya.

Artikel Terkait

Back to top button