BERITACSR

PLN Bangun Jalan Desa di Pekanbaru dari Limbah PLTU

Bumntrack.co.id. Jakarta – PT PLN (Persero) membangun Jalan Sukawiradharma di Kelurahan Labuh Baru Barat, Pekanbaru, Riau dengan memanfaatan limbah hasil pembakaran batu bara dari Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) dalam bentuk Fly Ash dan Bottom Ash (FABA). Jalan sepanjang lebih dari 160 meter merupakan jalur alternatif menuju jalan utama di Pekanbaru. Pemanfaatan FABA ini dilakukan melalui program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) wilayah 1 PLN Unit Induk Penyaluran dan Pusat Pengatur Beban (UIP3B) Sumatera.

“Bantuan ini sangat penting bagi warga Sukawiradharma,” ujar Ketua Kelompok Masyarakat (Pokmas) Sukawiradharma Kelurahan Labuh Baru Barat, Giyono dalam siaran pers PLN di Jakarta, Selasa (6/12/22).

Sebelum adanya bantuan PLN, Jalan Sukawiradharma dibangun masyarakat secara swadaya. Namun, pembangunan jalan ini kemudian terhenti karena menemui keterbatasan dana. “Melalui program TJSL PLN inilah, akhirnya jalan Sukawiradharma bisa dilalui,” kata Giyono.

Tokoh masyarakat setempat, Wahyu Nofiyandri  mengapresiasi kepedulian PLN atas bantuan pembangunan jalan di wilayahnya. Wahyu menjelaskan Jalan Sukawiradharma merupakan jalur alternatif menuju jalan utama di Pekanbaru. Wahyu juga memuji kualitas jalan yang dibangun menggunakan FABA tersebut. Dia berharap pemanfaatan FABA ini tidak hanya diimplementasikan pada satu jalan saja tetapi juga diimplementasikan di beberapa wilayah lain di Kelurahan Labuh Baru Barat.

“Setelah kami lihat, jalan yang dibangun menggunakan FABA ini memiliki kekuatan yg bagus, terbukti dengan adanya kendaraan besar yang melintas, jalan tidak pecah ataupun retak,” ujar Wahyu.

General Manager PLN UIP3B Sumatera, Daniel Eliawardhana mengatakan, PLN berkomitmen menciptakan nilai melalui pemanfaatan FABA. Salah satunya memanfaatkan FABA sebagai produk material infrastruktur jalan. “Kami berharap pembangunan jalan ini mempermudah mobilitas masyarakat, sehingga dapat mendukung kegiatan perekonomian,” katanya.

Artikel Terkait

Back to top button