BERITA

PNM Gandeng Telkom Akselerasi Ekosistem Digital Dunia Usaha Indonesia

BUMN Track. Jakarta – Dalam rangka mengakselerasi ekosistem digital dunia usaha, PNM memperkuat sinergi dengan Telkom Indonesia di DIGILand Conference. Kemudahan akses dengan adanya digitalisasi adalah satu dari sekian tren pasar yang kini digandrungi.

Menurut Kemenkop, di akhir 2022 lalu, UMKM go digital sudah mencapai sudah mencapai 32,44%, meningkat 26,6% dari tahun sebelumnya. Pelaku usaha mikro sudah mulai bergulir di halaman e-commerce dan menggunakan transaksi cashless.

Terhitung dari 14,6 juta nasabah binaan PNM di 35 provinsi, hanya 8-10% yang menggunakan Internet/Mobile Banking dan hanya 6% yang sudah berjualan di e-commerce (UGM, 2022).

“Kita harus ketahui target nasabah PNM itu adalah perempuan prasejahtera yang bagi mereka untuk membuka aplikasi e-commerce saja itu sudah di atas angan-angan. Tetapi kami tetap commit untuk membantu mereka naik kelas,” kata Sunar Basuki, Direktur Operasional, Digital dan Teknologi Informasi PT Permodalan Nasional Madani (PNM) dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Senin (10/7/23).

”WhatsApp Commerce menjadi salah satu bentuk aplikasi yang tepat dengan karakteristik dan kebutuhan nasabah kita, aplikasi ini juga menjadi bentuk kerjasama dengan Telkom Indonesia,” sambungnya.

Kerjasama dengan Telkom Indonesia diharapkan dapat mendorong terus PNM dalam mewujudkan nasabah yang naik kelas. Strategi pemberdayaan PNM seperti yang Sunar sebutkan sebelumnya harus memperhatikan kemampuan nasabah, pendampingan dan aplikasi yang tepat guna. Salah satunya adalah aplikasi kerjasama dengan Telkom Indonesia yakni Whatsapp Commerce.

“Untuk target pelaku usaha mikro tadi ya kami siapkan aplikasi dari Telkom yang sesuai dengan kebutuhan, ditunggu saja,” ujar Venusiana R., Direktur Enterprise & Business Service Telkom Indonesia.

Kolaborasi ini menjadi awal mula perjalanan untuk menguatkan kembali tulang punggung Indonesia, UMKM. Mencakup masyarakat Indonesia yang luas dengan berbagai kebutuhannya akan baik dengan adanya kolaborasi antara beberapa pihak. Kehadiran PNM memberikan sekelumit gambaran tentang masih banyak masyarakat Indonesia yang memerlukan pendampingan digital untuk maju. Dengan kehadiran Telkom, pendampingan dan pelatihan ini akan semakin terakselerasi.

Artikel Terkait

Back to top button