BERITA

PT PMLI Bersama Kemenhub Gelar Webinar ‘Nationalism Leadership’

Jakarta, Bumntrack.co.id – Dalam rangka menciptakan kepemimpinan yang lahir dan dibutuhkan oleh masa depan ibu pertiwi, PT Pendidikan Maritim dan Logistik Indonesia (PMLI) bersama Kementerian Perhubungan menggelar webinar Nationalism Leadership: Transforming Culture, Energizing Future.

“Pertumbuhan Performansi yang berkesinambungan sebuah perusahaan sangatlah ditentukan hasil dari transformasi bisnis dan transformasi budayanya. Kedua hal tersebut sangat ditentukan oleh leadership dalam perusahaan, yaitu nasionalism leadershipnya,” kata Dirut PT PMLI, Chiefy Adi di Jakarta, Selasa (24/11).

Menurutnya, konsep kepemimpinan, Nationalism Leadership yaitu seorang pemimpin masa depan tidak hanya sebagai leader/inspiring role model, namun juga sebagai guru dan sahabat bagi yang dipimpinnya. Sebagai seorang leader, dirinya tidak hanya dapat dijadikan inspiring role model, motivator, solutif, prediktif namun juga harus mampu menciptakan pemimpin-pemimpin yang lebih baik dari dirinya.

“Seorang guru, dirinya tidak hanya harus ikhlas mendarmabhaktikan seluruh kemampuannya untuk menghasilkan pemimpin yang dapat menghasikan karya nyata yang lebih baik dan manfaat. Namun juga tidak tergoda oleh keduniaan. Basic need seorang pemimpin yang berperan sebagai guru adalah need for achievement of contribution bukan lagi need for position or money,” jelasnya.

Selanjutnya, tugas utama seorang pemimpin juga adalah mempengaruhi orang untuk melakukan yang terbaik untuk dirinya, korporasi, lingkungan mulai dari tatanan lokal, nasional, regional dan pada akhirnya di tatanan global/internasional. Rahasia utama dari kepemimpinan yaitu memiliki kekuatan terbesar dari seorang pemimpin bukan dari kekuasaannya, bukan kecerdasannya, tapi dari kekuatan pribadinya.

Acara webinar tersebut dibuka oleh Ryeska Fajar Kusuma, Kepala Bagian Pengembangan Kompetensi Pegawai Kementerian Perhubungan RI. Sedangkan Materi disampaikan oleh Chiefy Adi Kusmargono dengan tema Nationalism Leadership & Culture Practitioner, Motivator & Inspirator.

Adapun materi-materi yang disampaikan antara lain kekuatan dan Kelebihan Bangsa Indonesia, Leader, Perbedaan mengelola Institusi/Organisasi yang baru dibentuk dengan yang sudah lama beroperasi, Faktor yang mempengaruhi kesuksesan seorang Leade, Arah kebijakan organisasi, Heartware Tree, Presepsi Stakeholder terhadap state institution, Employee Engagement, Building Strong Corporate Culture, dsb.

Adapun peserta yang mengikuti webinar tersebut kurang lebih 200 orang dari berbagai direktorat Kementerian Perhubungan di seluruh wilayah Indonesia. Para peserta sangat aktif dan antusias dalam menyimak maupun diskusi terkait materi-materi yang telah disampaikan.

Show More

Artikel Terkait

Back to top button