BERITA

PT SMI Teken MoU dengan EIB Global Kembangkan Infrastruktur Berkelanjutan

Jakarta, BUMN TRACK – PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero) atau PT SMI menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) dengan European Investment Bank Global (EIB Global) untuk pengembangan infrastruktur berkelanjutan di Indonesia.

MoU ini menguatkan komitmen PT SMI dan EIB Global untuk bekerjasama lebih erat, salah satunya melalui eksplorasi pinjaman senilai maksimal 500 juta Euro atau sekitar Rp 8,4 triliun, yang akan digunakan untuk berbagai kebutuhan pembiayaan.

Dana yang akan disalurkan oleh PT SMI ini, nantinya akan menyasar entitas swasta dan publik yang terlibat dalam proyek-proyek pengendalian perubahan iklim termasuk Energi Baru Terbarukan, fasilitas transportasi berkelanjutan serta infrastruktur lainnya yang meningkatkan ketahanan atas dampak perubahan iklim.

“Ini adalah periode yang penting untuk mengambil tindakan terhadap perubahan iklim. Fokus EIB pada proyek ramah lingkungan dan berkelanjutan sejalan dengan prioritas PT SMI. Kami senang dengan niat EIB untuk bekerja sama dengan PT SMI dalam hal ini. Kami percaya dengan dukungan EIB, PT SMI dapat tumbuh lebih jauh dan terus menjadi pemimpin tidak hanya di sektor transisi energi, namun juga dalam lingkup pembangunan infrastruktur berkelanjutan yang lebih luas di Indonesia,” kata Direktur Utama PT SMI, Edwin Syahruzad dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Rabu (28/2/24).

EIB sangat mendukung upaya PT SMI dalam membantu Pemerintah Indonesia, terutama dalam pencapaian target Net Zero Emission di tahun 2060.

“Laju Indonesia menuju pertumbuhan berkelanjutan dan ramah lingkungan kini mendapatkan momentumnya. Bekerja sama dengan PT SMI, EIB Global berkomitmen untuk mendukung dan mempercepat transisi energi di Indonesia. Oleh karena itu, penandatanganan MoU hari ini menandai langkah signifikan menuju pencapaian tujuan ini, karena hal ini menyatukan upaya kami dan memungkinkan kami untuk mencapai lebih banyak hal”, kata Robert de Groot selaku EIB Vice-President untuk kawasan Asia Tenggara.

Komitmen EIB Global untuk mendorong investasi dalam mitigasi dan ketahanan perubahan iklim, merupakan bagian dari inisiatif Global Gateway Uni Eropa.

“MoU antara PT SMI dan EIB ini merupakan gambaran nyata upaya Uni Eropa untuk mendorong investasi berkelanjutan di Indonesia. Hal ini juga menunjukkan komitmen berkelanjutan Uni Eropa dalam memenuhi janjinya untuk Just Energy Transition Partnership (JETP). Kemitraan ini memerlukan upaya terkoordinasi untuk membangun proyek infrastruktur energi dan memobilisasi pendanaan. Pinjaman ini akan menjadi kontribusi penting dalam dukungan Team Europe terhadap transisi energi di Indonesia,” kata Duta Besar Uni Eropa untuk Indonesia, Denis Chaibi.

PT SMI dan EIB juga akan menjajaki kolaborasi dalam bentuk project origination, berbagi pengetahuan, peningkatan kapasitas, dan bantuan teknis, terkait transisi energi di Indonesia. Hal ini selaras dengan jalinan kemitraan yang secara aktif dibentuk oleh PT SMI dengan bank/lembaga keuangan lokal dan internasional untuk mengembangkan modal dari Pemerintah tanpa hanya mengandalkan pasar modal.

Masing-masing institusi merupakan mitra yang berharga dan PT SMI sangat terbuka untuk menjajaki lebih banyak kolaborasi di masa depan guna mempercepat pembangunan infrastruktur di Indonesia.

Artikel Terkait

Back to top button