BERITA

Pupuk Indonesia Sepakati Tiga Poin dalam Menjalankan Nilai AKHLAK

Jakarta, Bumntrack.co.id – Setelah menjalani tahapan sosialisasi mengenalkan AKHLAK sebagai Core Values di seluruh lingkungan perusahaan sepanjang kuartal IV tahun 2020, kini Manajemen PT Pupuk Indonesia (Persero) beserta seluruh anak perusahaannya, telah menyepakati tiga poin komitmen dalam menjalankan nilai AKHLAK.

“Menghadapi situasi perubahan sesuai dengan transformasi bisnis yang tengah dijalankan Pupuk Indonesia Grup dalam rangka mencapai visi, misi dan strategi yang telah ditetapkan, maka budaya AKHLAK ini penting untuk diterapkan lebih konsisten dari waktu ke waktu,” kata Direktur Utama PT Pupuk Indonesia (Persero), Bakir Pasaman dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Rabu (16/12).

Ketiga poin komitmen dimaksud yakni menjadi Figur Panutan (Role Model) dalam menerapkan Core Values AKHLAK, menerapkan Core Values AKHLAK sebagai identitas dan perekat Tata Nilai Kerja seluruh Insan Pupuk Indonesia Grup yang mendukung kinerja dan transformasi Pupuk Indonesia Grup secara menyeluruh dan yang ketiga adalah menjadikan Tata Nilai AKHLAK sebagai Core Values dalam pelaksanaan mandat dan tugas untuk menghadirkan Values Creation bagi Pupuk Indonesia Grup.

AKHLAK sendiri adalah Core Value yang diinisiasi Menteri BUMN Erick Thohir pada 20 Juli 2020 lalu, yang merupakan akronim dari Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif. Penetapan ini kemudian diikuti oleh Surat Edaran Kementerian BUMN Nomor 07 Tentang Nilai-nilai Utama Sumber Daya Manusia Badan Usaha Milik Negara.

“Bagi Pupuk Indonesia, penerapan nilai AKHLAK tentunya bukan hanya sekedar menghapal akronim semata atau sekedar slogan saja. Namun juga berkomitmen untuk mensukseskan nilai-nilai AKHLAK ini sebagai pedoman dan fondasi perilaku karyawan dan perusahaan sehingga kita bisa sama-sama membawa pribadi kita maupun perusahaan menjadi jauh lebih baik lagi,” jelasnya.

Dalam kesempatan sama, Direktur SDM & Tata Kelola Pupuk Indonesia Winardi menerangkan, implementasi budaya AKHLAK memiliki lima tahapan. Tahap sosialisasi, tahap Internalisasi, tahap implementasi, evaluasi hingga reinforcement atau penguatan atas nilai-nilai budaya AKHLAK.

“Pada tahap impelementasi kami akan memastikan jika budaya AKHLAK dan key behavior dilaksanakan secara konsisten di pekerjaan. Termasuk memastikan AKHLAK terintegrasi dalam Human Resources System dan KPI Perusahaan, serta upaya-upaya penguatan lainnya melalui beragam kegiatan,” kata Winardi.

Bagi Pupuk Indonesia, nilai-nilai AKHLAK sangat sesuai dengan perkembangan dan dinamika dunia usaha saat ini. Serta sejalan dengan tugas dan fungsi BUMN, yang dituntut untuk menjadi mesin pertumbuhan ekonomi dan akselerator kesejahteraan masyarakat.

Show More

Artikel Terkait

Back to top button