BERITA

Rhenald Kasali: Mengelola BUMN Itu Tidak Semudah yang Dibayangkan

Jakarta, Bumntrack.co.id – Ketua Dewan Juri BUMN and Marketing 2019 sekaligus Guru Besar Fakultas Ekonomi Bisnis Universitas Indonesia, Prof Rhenald Kasali mengungkapkan digital marketing sebagai bagian dari transformasi digital telah membuat BUMN mampu bersaing di luar batas dan memiliki kualitas dengan global mindset. Di sisi lain, para pemenang CMO terbaik terbukti mampu menerapkan global mindset dan menggiring perusahaannya menjadi world class company.

“BUMN dinilai sudah mampu memberikan kontribusi ekonomi yang tinggi. Ada banyak fakta BUMN mulai bergerak, tidak lagi menjadi lazy company. Melalui ajang ini, bagaimana inovasi yang terus dikembangkan mampu menjadikan BUMN bersaing di kancah global,” ungkap Rhenald Kasali di Jakarta, Selasa (5/11).

Menurutnya, mengelola perusahaan BUMN tidak semudah yang dibayangkan dari luar. Ada perbedaan melihat sebuah perusahaan BUMN dari luar dan dari dalam.

“Kalau kita berada di luar, melihat BUMN itu seakan-akan urus BUMN itu mudah, marketnya sudah jelas, asetnya banyak, SDM-nya juga besar. Kesannya mudah, tetapi begitu kita masuk, baru kita tahu dan tidak semudah yang dilihat dari luar,” jelasnya.

Rhenald juga membaca sebuah literatur dan menemukan sebuah peristiwa ketika seorang pengusaha terkenal dari California, keturunan Yugoslavia diangkat menjadi Menteri Pertahanan. Dalam tulisannya, dia merasa sebagai seorang yang naif, merasa serba tahu dan ternyata dia lebih banyak tidak tahunya.

“Satu hal yang menarik dalam memimpin sebuah pemerintahan, karyawan akan mengikuti maunya pimpinan, tetapi ceritanya menjadi lain ketika di perusahaan swasta,” terangnya.

Tags
Show More

Artikel Terkait

Back to top button
Close