Klik Banner Workshop BUMN Series
BERITA

Sambut Delegasi Afrika Selatan, BNI Siap Jajaki Potensi Bisnis

Bumntrack.co.id. Jakarta – PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. atau BNI menyambut kunjungan delegasi dari Afrika Selatan untuk menjajaki potensi bisnis di kedua negara. Delegasi Afrika Selatan dipimpin oleh Robert Wellington Gumede yang juga menjabat sebagai Founder Gijima Group. Hadir pula Deputy Director for Maritime Resilience and Strategic Issues Kemenko Marves R.A Adriani Kusumawardani dan Kepala Divisi Penugasan Khusus Ekspor LPEI Wahyu Bagus Yuliantok.

BNI memiliki pengalaman lebih dari 10 tahun di bisnis internasional. Ditambah dengan jaringan global yang luas, BNI siap mendukung kegiatan bisnis kedua negara melalui BNI International Desk Financing Solution. “BNI memiliki 1.350 mitra yang mencakup semua benua di seluruh dunia dalam 89 negara. Kami juga memiliki 21 Bank Koresponden di Afrika yang mencakup sembilan negara,” kata Corporate Secretary BNI, Okki Rushartomo dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Jumat (10/3/23).

Okki menjelaskan, BNI adalah salah satu bank milik negara Indonesia yang berfokus pada UMKM untuk menembus pasar internasional. Melalui BNI Xpora dan Kerja Sama dengan tujuh Kantor Cabang Luar Negeri, BNI mencari pembeli potensial di setiap negara di mana BNI memiliki kantor cabang.

Adapun Xpora adalah singkatan dari Ekspor dan Diaspora. Xpora merupakan Solusi Belanja Satu Atap untuk mendukung potensi meningkatnya UMKM Indonesia dalam mengembangkan bisnis mereka menuju UMKM Produktif, Go Digital, & Go Global, dan menjadi pusat layanan bagi diaspora Indonesia di luar negeri.

“Kami siap untuk menjelajahi bisnis potensial antara Indonesia dan Afrika Selatan seperti yang diterapkan dengan negara lain melalui BNI Xpora. Kami berharap kerja sama ini dapat memperkuat hubungan bisnis kedua negara,” tambahnya.

Delegasi dari Afrika Selatan mengapresiasi inisiatif BNI dalam mendukung investasi dan kerja sama bisnis internasional. Mereka menyatakan tertarik untuk menjajaki lebih lanjut potensi bisnis yang ada dan berharap dapat bekerja sama dengan BNI dalam mengembangkan bisnis di kedua negara.

Founder Gijima Group Robert Wellington Gumede yang merupakan perwakilan Delegasi dari Afrika Selatan mengapresiasi sambutan hangat dari manajemen BNI. Menurutnya, pihaknya tidak hanya merepresentasikan usahanya tetapi juga seluruh pelaku usaha di Benua Afrika.

Dia mengatakan Afrika saat ini berada dalam masa transformasi sehingga membutuhkan banyak pihak untuk dapat berkontribusi dan berkolaborasi. Sebagai perusahaan pribumi, Gijima siap untuk membuka peluang dan kesempatan seluas-luasnya bagi BNI untuk mengeksplorasi Afrika.

“Tanpa finansial partner tidak akan ada perusahaan yang akan bisa berpartner dengan Afrika. Kami sungguh sangat berbahagia mendengar komitmen BNI untuk mensuport pelaku usaha indonesia go global. Oleh karena itu kami mengajak BNI untuk untuk datang dan investasi ke Afrika. Lebarkan sayap dan lompatlah lebih tinggi ke Benua masa depan. Tentunya BNI akan mendapat benefit yang sangat besar dari kolaborasi ini,” pungkasnya.

Artikel Terkait

Back to top button