BERITA

Sambut Natal dan Tahun Baru 2022, KAI Commuter Operasikan 1.005 Perjalanan KRL Tiap Hari

Jakarta, Bumntrack.co.id – Menyambut Natal dan Tahun Baru 2020, KAI Commuter akan mengoperasikan Kereta Rel Listrik (KRL) Jabodetabek sebanyak 1.005 perjalanan tiap harinya, dengan total 94 rangkaian KRL. Selain itu, KAI Commuter akan mengoperasikan KRL mulai pukul 04:00 WIB hingga 22:00 WIB. Hal tersebut dilakukan KAI Commuter sebagai upaya untuk mendukung pemerintah mengendalikan pandemi Covid-19 dengan tetap melayani kebutuhan masyarakat yang hendak menggunakan KRL.

“Pada malam pergantian tahun nanti, KAI Commuter tetap mengoperasikan perjalanan KRL hanya sampai pukul 22.00 WIB dan tidak mengoperasikan kereta tambahan malam tahun baru, sama seperti tahun lalu. Ini sejalan dengan aturan pemerintah sebagai upaya menghambat penyebaran virus covid-19. Selama masa Angkutan Nataru kali ini, protokol kesehatan dan aturan tambahan dalam menggunakan KRL tetap berlaku,” kata VP Corporate Secretary KAI Commuter, Anne Purba di Jakarta, Jumat (17/12).

KAI Commuter juga ikut memeriahkan perayaan Natal dan Tahun Baru 2022 dengan menghias sembilan stasiun (Stasiun Cikarang, Bekasi, Jatinegara, Manggarai, Juanda, Jakarta Kota, Bogor, Palmerah, dan Stasiun Sudirman) dengan ornamen bertema Hari Natal. KAI Commuter juga menyediakan petugas Passanger Service dengan total 300 petugas untuk pelayanan kepada pengguna KRL di stasiun dan sebagai petugas operator Lost and Found di seluruh Stasiun KRL yang ada di Jabodetabek. Sedangkan untuk Petugas Pelayanan KRL, KAI Commuter menyediakan 378 petugas untuk melayani pengguna di dalam perjalanan KRL.

“Kami menyiapkan sebanyak 3.888 personel pengaman yang terdiri dari 1.260 personel Petugas Pengawalan KRL dan 2.628 personel pengamanan stasiun. KAI Commuter juga bekerjasama dengan pengamanan eksternal dari TNI/Polri dengan menugaskan sebanyak 100 personel,” tambahnya.

Selain pengaturan operasional dan pembatasan kapasitas, pada masa Angkutan Nataru ini KAI Commuter tetap menerapkan protokol kesehatan dengan mewajibkan pengguna KRL menggunakan masker ganda, mencuci tangan sebelum dan sesudah naik KRL, serta menjaga jarak. Calon pengguna KRL juga wajib menunjukkan sertifikat vaksin secara fisik maupun digital, ataupun memindai kode QR lewat aplikasi Peduli Lindungi kepada petugas. Siapkan persyaratan tersebut sebelum masuk stasiun untuk mempercepat antrean pemeriksaan.

“Kami mengajak pengguna jasa KRL tidak lengah dengan protokol kesehatan pada saat melakukan mobilitas dalam merayakan Natal dan Tahun Baru ini. Tetap disiplin menjalani prokes yang ketat saat naik KRL, utamakan keselamatan, gunakan double masker dan patuhi marka jaga jarak. Minimalkan transaksi tunai dengan menggunakan Kartu Multi Trip (KMT) dan, patuhi aturan serta tata tertib di stasiun maupun KRL,” jelasnya.

KAI Commuter mengimbau para pengguna untuk merencanakan perjalanannya dengan mencari tahu syarat naik KRL, jadwal perjalanan, dan informasi kondisi kepadatan di stasiun. KAI Commuter juga kembali mengingatkan kepada para pengguna bahwa aturan mengenai pembatasan jumlah pengguna yang dapat naik KRL masih berlaku. Petugas akan melakukan penyekatan dan antrean di stasiun bila quota pengguna di dalam KRL sudah terpenuhi.

Artikel Terkait

Back to top button