BERITA

Satu Tahun Lebih Absen, Pesawat Jet Kembali Take Off dan Landing di Bandara Husein Sastranegara

Jakarta, Bumntrack.co.id – Setelah sempat absen selama satu tahun lebih, pesawat jet kembali mengudara di Bandara Husein Sastranegara, Bandung, yang dikelola PT Angkasa Pura II (Persero). Penerbangan Lion Air JT 3883 dengan pesawat Boeing 737-800 Next Generation dari Makassar dan mendarat di Bandung Kamis, pukul 10.05 WIB menandakan kembalinya penerbangan pesawat jet di Bandara Husein Sastranegara. Sementara itu take off perdana adalah Lion Air JT 3882 rute Bandung – Makassar yang berangkat pukul 10.55 WIB.

Sebelumnya pada Juni 2019, seluruh penerbangan pesawat jet dipindah ke Bandara Kertajati, Majalengka, dan kemudian sebagai pemulihan aktivitas ekonomi dan pariwisata di tengah adaptasi kebiasaan baru ini Kementerian Perhubungan melakukan penataan rute dengan kembali mengizinkan operasional pesawat jet di Bandung untuk rute internasional dan domestik (dari/ke Medan, Pekanbaru, Palembang, Banjarmasin, Balikpapan, Denpasar dan Makassar).

Adapun inaugurasi penerbangan perdana pesawat jet di Bandara Husein Sastranegara pada hari ini turut dihadiri oleh Wakil Walikota Bandung Yana Mulyana dan Ketua DPRD Kota Bandung Tedy Rusmawan.

“Dengan beroperasinya kembali pesawat jet di Bandara Husein Sastranegara maka diharapkan dapat mendukung sektor pariwisata di Bandung,” kata Wakil Walikota Bandung, Yana Mulyana di Jakarta, Jumat (21/8).

Sementara itu, President Director PT Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin mengatakan Bandara Husein Sastranegara dan Bandara Kertajati merupakan dua bandara yang dikelola perseroan dengan konsep multi-airport system. “Melalui konsep multi-airport system maka Husein Sastranegara dan Kertajati akan saling melengkapi dan mempermudah penataan rute untuk mendukung perekonomian dan pariwisata Jawa Barat,” terangnya.

Saat ini Angkasa Pura II telah melakukan penataan rute di mana pesawat jet dapat melayani penerbangan di Husein Sastranegara untuk rute internasional dan beberapa rute domestik. “Di Kertajati juga masih diperbolehkan pesawat jet untuk melayani rute internasional dan domestik,” tambahnya.

Show More

Artikel Terkait

Back to top button