BERITA

Selama Dua Minggu, KAI Commuter Layani 5,7 Juta Penumpang KRL Jabodetabek

Jakarta, Bumntrack.co.id – Dalam dua pekan masa layanan Natal dan Tahun Baru yang dimulai 17 Desember lalu, KAI Commuter telah melayani 5.703.002 pengguna KRL Jabodetabek. Pada 17 – 29 Desember ini, rata-rata volume pengguna KRL Jabodetabek mencapai 438.692 pengguna per hari. Peningkatan volume pengguna ini sejalan dengan tren peningkatan volume pengguna sejak November.

“Rata-rata harian selama bulan Desember ini adalah 439.975 pengguna, atau naik 7 persen dibandingkan rata-rata bulan November lalu yang sejumlah 411.802 pengguna. Masa layanan Natal dan Tahun Baru ini juga mencatat volume pengguna tertinggi yaitu 506.630 pengguna pada Senin 20 Desember 2021,” kata VP Corsec KAI Commuter, Anne Purba di Jakarta, Kamis (30/12).

Menurutnya, peningkatan volume pengguna KRL berasal dari pengguna KRL rutin yang tetap bekerja karena tidak ada cuti bersama untuk pekerja selama libur Natal dan Tahun Baru, serta pengguna musiman yang menggunakan KRL untuk bepergian bersama keluarga dan kerabat. Tren ini diperkirakan akan terjaga hingga akhir masa layanan Natal dan Tahun Baru.

Sehubungan dengan itu, pada masa libur tahun baru ini kami mengajak pengguna KRL untuk saling mengingatkan sesama pengguna agar mematuhi protokol kesehatan. “Kami menghimbau para pengguna terutama yang membawa anak usia lima tahun ke atas agar memastikan putra-putrinya tetap mengikuti protokol kesehatan dan selalu berada dalam pengawasan orang tua. Demikian juga barang bawaan agar jangan sampai tertinggal atau hilang, pastikan tetap berada dalam pengawasan dan jangkauan kita. Selanjutnya jika memerlukan bantuan, dapat segera menghubungi petugas di stasiun maupun kereta,” jelasnya.

Sejak awal pandemi, KAI Commuter telah mengatur pengguna dengan barang dagangan dan pengguna yang lanjut usia agar naik KRL di luar jam sibuk untuk kesehatan dan ketertiban bersama. Aturan-aturan tambahan dalam menggunakan KRL juga tetap berlaku. Seperti aturan untuk tidak berbicara secara langsung maupun melalui telepon genggam saat berada di dalam kereta, serta anak usia bawah 5 tahun (balita) sementara masih belum diizinkan untuk naik KRL kecuali hanya untuk keperluan medis dengan menunjukan surat-surat.

Khusus pada malam pergantian tahun besok (31/12) KAI Commuter akan melayani masyarakat dengan jam operasional dan jadwal KRL sebagaimana selama ini. Seluruh aturan, tata tertib, dan protokol kesehatan juga tetap berlaku. KAI Commuter akan beroperasi pada pukul 04:00 – 22:00 WIB dengan 1.005 perjalanan KRL yang menggunakan 94 rangkaian kereta. Sebagaimana tahun lalu, tidak ada penambahan jam operasional maupun jadwal pada malam pergantian tahun dan libur tahun baru 2022.

“Kebijakan ini merupakan bagian dukungan KAI Commuter untuk mencegah kerumunan dan menjaga protokol kesehatan di tengah situasi pandemi yang mulai membaik namun tetap mewaspadai adanya varian-varian baru dari virus. Masyarakat juga diminta mengikuti jadwal kereta yang ada, dan tidak menginap di stasiun untuk menunggu jadwal KRL pagi harinya. Kami juga mengajak pengguna untuk selalu menjaga kebersihan di stasiun maupun di dalam kereta untuk kenyamanan bersama dengan membuang sampah pada tempatnya di stasiun,” tegasnya.

Artikel Terkait

Back to top button