BERITA

Semester I/2022, Jasa Marga Cetak Laba Rp734,8 Miliar

Bumntrack.co.id. Jakarta – PT Jasa Marga (Persero) Tbk mencatatkan Laba Bersih Rp734,8 miliar pada semeter I/2022. Pendapatan Usaha mencapai Rp6,7 triliun atau tumbuh 17,9% yang merupakan kontribusi dari kinerja Pendapatan Tol sebesar Rp6,1 triliun atau naik 16,1% dan kinerja Pendapatan Usaha Lain sebesar Rp576,8 miliar atau naik 40,6% dari periode yang sama di tahun sebelumnya.

“Beroperasinya ruas-ruas jalan tol baru dan adanya peningkatan mobilisasi masyarakat menjadi katalis positif terhadap kenaikan volume lalu lintas Perseroan,” kata Corporate Communication and Community Development Group Head PT Jasa Marga, Lisye Octaviana di Jakarta, Selasa (27/9/22).

EBITDA Perseroan mengalami pertumbuhan 21,3 persen seiring dengan peningkatan kinerja Pendapatan Tol di Semester I 2022. Begitu pun dengan realisasi EBITDA Margin mencapai 65,9 persen dengan beroperasinya sejumlah ruas tol baru dan upaya efisiensi yang dilakukan Perseroan.

Perseroan masih dapat mempertahankan market share jalan tol beroperasi di seluruh Indonesia pada posisi 50% dengan berhasil menambah pengoperasian sepanjang 13,40 Km untuk Jalan Tol Manado-Bitung seksi Danowudu-Bitung dan penambahan konsesi jalan tol sepanjang 206,65 Km untuk Jalan Tol Gedebage- Tasikmalaya-Cilacap di sepanjang tahun 2022. Dengan bertambahnya panjang jalan tol operasi dan konsesi jalan tol tersebut, hingga saat ini Perseroan mengoperasikan total 1.260 Km jalan tol di Indonesia dari total konsesi jalan tol yang dimiliki Perseroan sepanjang 1.809 Km.

Sepanjang tahun 2022 hingga Semester I, Jasa Marga juga telah menyelesaikan konstruksi Jalan Tol Serpong- Cinere Seksi II Ruas Pamulang-Cinere sepanjang 3,64 Km yang saat ini dalam proses Uji Laik Fungsi.

Saat ini Jasa Marga mengelola enam proyek jalan tol dalam tahap pembebasan lahan dan konstruksi yang ditargetkan selesai secara bertahap pada periode tahun 2022-2025, di antaranya Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Selatan untuk Paket III Sukabungah-Sadang dan Paket II Setu-Sukabungah, Jalan Tol Ngawi-Kertosono-Kediri untuk Seksi Kediri-Kertosono, Jalan Tol Bogor Ring Road untuk Seksi Simpang Semplak-Junction Salabenda, Jalan Tol Probolinggo-Banyuwangi untuk Seksi Probolinggo-Besuki, Jalan Tol Yogyakarta-Bawen dan Jalan Tol Gedebage-Cilacap untuk Seksi Gedebage-Garut Utara.

Artikel Terkait

Back to top button