BERITA

Setelah Layani 91.358 Calon Jemaah Haji, Angkasa Pura II Bersiap Hadapi Libur Ied Adha

Bumntrack.co.id. Jakarta – Pada tahun 2023, sebanyak 6 bandara PT Angkasa Pura II (AP II) ditetapkan sebagai embarkasi haji yaitu Bandara Soekarno-Hatta (Tangerang), Bandara Kualanamu (Deli Serdang), Bandara Kertajati (Majalengka), Bandara Sultan Iskandar Muda (Aceh), Bandara Minangkabau (Padang) dan Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II (Palembang). Periode keberangkatan calon jemaah haji di bandara-bandara AP II dimulai pada 24 Mei 2023.

“Berdasarkan rencana, calon jemaah haji yang berangkat dari 6 bandara AP II mencapai 91.358 orang atau sekitar 44 persen dari total jemaah haji asal Indonesia yang sebanyak 205.980 orang,” ujar President Director AP II, Muhammad Awaluddin di Jakarta, Jumat (23/6/23).

Bandara Soekarno-Hatta menjadi paling banyak melayani keberangkatan calon jemaah haji, yakni sebanyak 54.992 orang. Calon jemaah haji yang berangkat dari Bandara Soekarno-Hatta dapat menggunakan fasilitas pre-clearance keimigrasian Arab Saudi yang dikenal dengan fast track Makkah Road. Adapun total penerbangan haji di 6 bandara AP II mencapai 236 penerbangan yang dioperasikan oleh maskapai Garuda Indonesia dan Saudia.

“Jumlah penerbangan haji di 6 bandara AP II sebanyak 236 penerbangan itu juga sebesar 44 persen dari total penerbangan haji di Indonesia sebanyak 537 penerbangan,” tambahnya.

AP II juga telah memiliki rencana operasional dalam menyambut libur Idul Adha pada 28 – 30 Juni 2023, yang juga berbarengan dengan musim liburan anak sekolah. Pada periode libur Idul Adha yakni 22 Juni – 6 Juli 2023 (H-7 hingga H+7 dari Idul Adha) jumlah penumpang pesawat di 20 bandara AP II secara kumulatif diproyeksikan mencapai 3,62 juta orang.

Jumlah penumpang itu terbagi dalam: Periode H-7 hingga H-1 sebanyak 1,70 juta orang, lalu pada hari H sebanyak 248.909 orang, dan pada H+1 hingga H+7 sebanyak 1,67 orang. “Pada masa angkutan haji dan libur Idul Adha, AP II di 20 bandara menyiagakan total 4.633 personel terdiri dari personel Aviation Security, Airport Rescue & Fire Fighting, Apron Movement Control, Customer Service, Terminal Inspection Service, Digital Service dan lainnya,” jelas Muhammad Awaluddin.

Di samping itu, seluruh fasilitas bandara AP II dipastikan siap untuk menjaga aspek keamanan, keselamatan dan pelayanan. Pada musim liburan sekolah dan Idul Adha ini, bandara-bandara AP II juga menyiapkan event bagi para penumpang pesawat. Beberapa event antara lain Parade Budaya Nusantara yang menampilkan berbagai pakaian adat, alat musik khas daerah dan kesenian khas daerah. Event lainnya seperti bazaar UMKM, kegiatan atau lomba bagi penumpang pesawat khusus anak kecil, promosi destinasi wisata, dan sebagainya.

Artikel Terkait

Back to top button