BERITACSR

Setelah Lewati Kurasi Ketat, 24 UMKM Pertamina Sambut INACRAFT 2022

Jakarta, Bumntrack.co.id – Setelah melalui tahapan kurasi yang sangat ketat terhadap 103 Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), PT Pertamina (Persero) melalui Pendanaan Usaha Mikro Kecil (PUMK) menetapkan 24 UMKM terbaik binaannya dapat mengikuti The International Handicraft Trade Fair (INACRAFT) 2022 pada tanggal 23 – 27 Maret 2022 di Jakarta Convention Center (JCC).

Periode pendaftaran yang berlangsung sejak awal Maret hingga 17 Maret 2022 dilaksanakan secara online. Sosialisasi dilakukan baik melalui media internal, media sosial, whatsapp group hingga pemberitahuan melalui media nasional kepada lebih dari 66 ribu Mitra Binaan Pertamina yang tersebar di seluruh penjuru negeri. Dari UMKM yang mendaftar, dilanjutkan seleksi berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan sebelumnya.

“UMKM tersebut terpilih melalui proses cukup panjang, setelah dilakukan kurasi terhadap produk UMKM dengan mutu, level dan kualitas produk harus sesuai dengan kebutuhan pasar global,” kata VP Corporate Communication PT Pertamina (Persero), Fajriyah Usman di Jakarta, Selasa (22/3/22).

Menurutnya, produk harus layak dan siap masuk ke pasar global, dengan pertimbangan potensi menjadi local champion di pasar domestik dan memiliki potensi untuk masuk di pasar internasional.

“Tidak ada biaya yang dibebankan kepada UMKM yang berpartisipasi. Booth yang disiapkan Pertamina juga sangat strategis, berada di Lobby Hall A Island 1, 2 dan 3 JCC. Saat pengunjung memasuki lokasi pameran melalui pintu utama masuk Hall A, terlihat booth Pertamina yang memajang produk unggulan binaannya,” terangnya.

Pameran yang diprakasai oleh Asosiasi Esportir dan Pengusaha Handicraft Indonesia (ASEPHI) bekerjasama dengan Mediatama Binakreasi ini, diikuti oleh lebih dari 1.500 pelaku kreatif kerajinan yang berasal dari seluruh pelosok tanah air. Mulai dari produsen/ pengrajin, eksportir/ importir/ agen pembelian, pengumpul, asosiasi produsen kerajinan tangan, agen manajemen pengrajin, kementerian terkait, Pemda terkait, bank, serta perusahaan pendukung lainnya.

Pertamina terus konsisten untuk mengikuti pameran paling bergengsi di tanah air ini dalam memfasilitasi UMKM terbaik binaannya. Tahun ini melibatkan 24 stand Mitra Binaan dengan luas 156 M2.

Pada ajang INACRAFT tahun ini, Pertamina bersyukur bisa menghadirkan Mitra Binaan yang memiliki banyak kekuatan dengan karya-karya yang hebat serta produk fashion dan craft yang berkualitas yang dihasilkan dari tangan trampil penuh talenta dari seluruh negeri. Pandemi tidak menghalangi Mitra Binaan Pertamina untuk berkreasi dan terus menciptakan innovasi. “Mari kita ramaikan pameran INACRAFT 2022 tahun ini, jangan lupa untuk berkunjung ke booth Pertamina dengan tetap menjaga protkol kesehatan,” jelasnya.

Pertamina senantiasa mendukung pencapaian SDGs (Sustainable Development Goals) melalui implementasi program-program berbasis ESG (Environmental, Social, and Governance) di seluruh wilayah operasionalnya. Hal ini merupakan bagian dari Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL), demi mewujudkan manfaat ekonomi di masyarakat.

Melalui program-program UMKM dan semangat Energizing Your Future, Pertamina ingin senantiasa menghadirkan energi yang dapat menggerakkan roda ekonomi. Energi yang menjadi bahan bakar, serta energy yang menghasilkan pertumbuhan berkelanjutan. Serta berupaya terus mendorong setiap Mitra Binaan menjadi UMKM naik kelas dan Go Global.

Artikel Terkait

Back to top button