
Jakarta, Bumntrack.co.id – PT Sucofindo (Persero) berhasil menyabet dua penghargaan di ajang BUMN Branding and Marketing Award 2019 yang diselenggarakan oleh Majalah BUMN Track bersama Arrbey consultiny. Acara yang bertempat di Ritz Carlton dihadiri oleh Rhenald Kasali Ketua Dewan Juri BUMN Branding & Marketing Award 2019, Djoko Sasono Sekretaris Jenderal Kementerian Perhubungan Republik Indonesia, SH. Sutarto CEO BUMN Track Direktur Utama SUCOFINDO Bachder Djohan Buddin, Direktur Sumber Daya Manusia SUCOFINDO Rozainbahri Noor.
Dalam ajang ini, SUCOFINDO meraih penghargaan dalam kategori “Marketing Creative Competition Strategy” dan “Indikator Global International Collaboration for Branding & Marketing”. Penghargaan ini diberikan oleh Harris Thajeb selaku Non Executive Chairmant Dentsu Aegis Network Indonesia dan Final Prajnanta selaku CEO Multinational Company (ADAMA) dan Praktisi Marketing yang diterima langsung oleh Direktur Utama SUCOFINDO, Bachder Djohan Buddin dan Direktur Sumber Daya Manusia SUCOFINDO, Rozainbahri Noor.
Ketua Dewan Juri BUMN Branding & Marketing Award 2019, Rhenald Kasali mengatakan bahwa saat ini perusahaan BUMN telah melihat bahwa branding dan marketing tidak dapat berdiri sendiri dan melihat sebagai strategic campaign.
“Saat ini perusahaan BUMN mulai tampak digital transformasinya, selain itu juga sudah melihat bahwa branding dan marketing tidak dapat berdiri sendiri yang melihat sebagai strategic campaign. Di samping itu dewan juri impress terhadap keberadaan dan kontribusi generasi milenial dalam suatu perusahaan BUMN,” ujar Rhenald.
Rhenald berharap bahwa ajang ini tidak hanya memotivasi untuk meningkatkan value dalam bentuk finansial namun juga dalam bidang sosial sehinngga para BUMN akan semakin berkontribusi bagi bangsa dan negara.
“SUCOFINDO sebagai perusahaan BUMN di bidang jasa TIC (Testing,Inspection dan Certification), tidak akan lepas dari kebutuhan strategi branding dan marketing dalam menunjang strategis bisnis yang sedang dijalani maupun dalam tahap perkembangan,” ujar Bachder selepas acara penghargaan BUMN Award 2019.
Lebih lanjut Bachder mengungkapkan bahwa kegiatan bisnis SUCOFINDO yang dibutuhkan oleh berbagai sektor dan bidang usaha tidak akan lepas dari inovasi untuk mendukung perkembangan bisnis masing-masing sektor, sehingga terlihat perannya dalam upaya meningkatkan daya saing pelanggan.
“Dalam menjawab tantangan industri 4.0, SUCOFINDO hadir dalam wujud digital transformasi melalui jasa-jasa yang ditawarkan. Hal tersebut juga selaras dengan peningkatan kapabilitas SDM salah satunya dengan kehadiran generasi milenial yang turut memberikan kontribusinya dalam memberikan inovasi-inovasi strategis perusahaan dan digitalisasi proses bisnis.” Jelas Bachder.
Direktur Sumber Daya Manusia SUCOFINDO, Rozain menyampaikan bahwa, “Pencapaian Visi Misi PT SUCOFINDO (Persero) didukung oleh setiap unsur strategi brand, product dan customer management. Strategi ini menunjang pencapaian kinerja pemasaran antara lain tercapainya target pendapatan, meningkatnya loyalitas dan akuisisi pelanggan, serta market share,” ungkap Rozain usai penganugerahan.
“Bagi SUCOFINDO, Sumber Daya Manusia (SDM) sebagai salah satu unsur terpenting dalam menggerakkan roda bisnis di tengah dunia industri yang terus berkembang. Pengelolaan SDM yang terintegrasi dengan strategi perusahaan akan mampu meningkatkan daya saing dan akselerasi kinerja perusahaan,” tutur Rozain.
PT SUCOFINDO (Persero) terus berusaha melakukan inovasi untuk mendukung layanan jasa kepada pelanggan. Salah satunya SUCOFINDO telah menerbitkan Green Port Guideline. Mengantisipasi sektor telekomunikasi dan industri 4.0 yang berkembang cepat, SUCOFINDO mengembangkan Laboratorium Pengujian untuk sektor Telekomunikasi dan Informasi, yang diawali dengan Laboratorium pengujian Radio Frekuensi (RF) untuk produk Handphone, Komputer Genggam dan Tablet (HKT).
Tak hanya itu, melihat kebutuhan masyarakat lndonesia untuk memudahkan pelanggan dalam memperoleh Jasa Laboratorium Halal juga membantu pemerintah memenuhi regulasi Undang-Undang (UU) nomor 33 tahun 2014 dan Peraturan Pemerintah (PP) nomor 31 tahun 2019 SUCOFINDO memiliki laboratorium Uji Produk Halal yang diresmikan pada 17 Oktober 2019.