BERITA

Tahun 2020, Penjualan Produk Krakatau Steel Meningkat Hingga 19,11 Persen

Jakarta, Bumntrack.co.id – Berbagai upaya perbaikan strategi pemasaran dilakukan PT Krakatau Steel (Persero) Tbk agar bisa meningkatkan penjualan produknya di tahun buku 2020. Sebagai produsen baja terbesar di Indonesia, Krakatau Steel berhasil meningkatkan penjualan produknya berupa Hot Rolled Coil (HRC) pada tahun 2020 sebesar 19,11 persen menjadi sebesar 1.043.668 ton dibandingkan tahun 2019 yang sebesar 876.186 ton. Selain HRC, penjualan produk Cold Rolled Coil (CRC) juga mengalami peningkatan sebesar 17,53 persen menjadi 405.742 ton dibanding tahun 2019 yang sebesar 345.237 ton.

“Sepanjang tahun 2020, Krakatau Steel menerapkan beberapa strategi penjualan antara lain melakukan fokus penjualan kepada konsumen prioritas (key consumers) melalui program Key Account Management, pengembangan distributor melalui program Distributor Management, serta pengembangan pasar project yang menyerap produk anak perusahaan Krakatau Steel,” kata Direktur Komersial Krakatau Steel, Melati Sarnita dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Senin (18/1).

Sejalan dengan itu, terjadi juga peningkatan penjualan produk baja di anak perusahaan seperti misalnya peningkatan volume penjualan produk baja profil sebesar 70,11 persen menjadi sebesar 34.444 ton dibandingkan tahun sebelumnya sebesar 20.248 ton. Selain itu penjualan pipa baja naik 0,8 persen dari tahun sebelumnya sebesar 87.622 ton menjadi 88.327 ton, serta bisnis coating pipa baja naik 12,2 persen dari sebesar 421.059 m2 menjadi 472.584 m2 .

Ke depan di tahun 2021, peluang untuk mengembangkan bisnis baja masih terbuka. Di tahun 2021 Krakatau Steel melanjutkan peluncuran produk baja hilir maupun melakukan pengembangan penjualan dengan mengaplikasikan berbagai platform digital (KS Go Digital). Krasmart Connect pun mulai diaplikasikan di tahun ini sehingga semakin memudahkan konsumen untuk melakukan pemesanan produk baja kapan pun dan di mana pun.

“Walaupun tahun 2020 terjadi pandemi Covid-19, namun Krakatau Steel secara total mampu mempertahankan dan meningkatkan volume penjualannya di 2020. Di tahun 2021 ini pun Krakatau Steel optimis penjualan produk baja akan meningkat sekitar 25 persen. Bahkan di kuartal pertama 2021, produk Krakatau Steel masuk ke pasar Eropa. Krakatau Steel memanfaatkan peluang ekspor ini karena pasokan baja dunia terganggu akibat pandemi Covid-19,” pungkas Melati.

Show More

Artikel Terkait

Back to top button