
Jakarta, Bumntrack.co.id – Untuk melihat tren bisnis ke depan, MDI Venture melangsungkan “Digital Trends 2020 from The Eyes of VC’s and Telcos” guna memberikan pandangan mengenai digital landscape tahun 2020. MDI Ventures merupakan perusahaan modal ventura, anak usaha PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom), yang telah berinvestasi di 38 startup dari 11 negara dan telah berkontribusi secara signifikan terhadap transformasi digital TelkomGroup.
“Menyadari pesatnya perkembangan teknologi yang turut mempengaruhi bisnis TelkomGroup, kami saat ini tengah bertransformasi menjadi digital telco company. Tak hanya membangun digital connectivity melalui infrastruktur telekomunikasi, Telkom juga terus membangun digital platform dan digital services. Ruang inovasi para startup Indonesia untuk menjadi the next digital entrepreneur tahun 2020 masih sangat besar sekali potensinya dan TelkomGroup siap berkolaborasi,” kata Direktur Strategic Portfolio Telkom, Achmad Sugiarto di Jakarta, Senin (18/2).
Sementara itu, Direktur Portfolio MDI Ventures, Sandhy Widyasthana menyampaikan pihaknya akan terus mencari startup potensial dengan fokus utama pada sektor fintech, healthcare, logistics, new retail, edutech, dan deep tech, dan kemungkinan portfolio lainnya. “Yang utama adalah akan memberikan benefit buat para startup agar di-alignment-kan dengan delivery channel TelkomGroup, seperti Telkomsel, Enterprise, Consumer, Wholesale dan International,” ujar Sandhy.
Achmad Zaky, sebagai representasi dari pelaku bisnis e-commerce, menyampaikan pendapat bahwa ekosistem digital yang sekarang sudah jauh lebih maju sehingga membuat para pemain lebih mudah untuk mengembangkan startup. Saat ini Indonesia sedang memasuki era second wave digital revolution. Startup tidak hanya wajib memiliki product-market fit, tetapi juga harus dapat melihat regulator sebagai partner.
“5R Startup Principles menjadi penting buat startup untuk menjadi unicorn Indonesia, antara lain Right Market, Right Business Model, Right Management & Team, Right Moment and Right Strategic Partner, di sanalah peran Telkom Indonesia untuk Indonesia,” kata Achmad Sugiarto.
Telkom berkomitmen membangun dan mengembangkan digital platform dan digital services. Bahkan Telkom siap menghadirkan National Digital Platform sebagai platform digital di mana semua pelaku industri termasuk startup dapat memanfaatkannya. Telkom saat ini tengah fokus mengembangkan digital platform, seperti Data Center, Big Data, Internet of Things (IoT), Artificial Intelligence, Cloud, Security dan Payment/Blockchain. Diharapkan inisiatif ini dapat mendukung pemerintah mengakselerasi ekonomi digital, serta mendukung industri 4.0. Ini menjadi kontribusi Telkom untuk mendukung Indonesia menjadi Ekonomi Digital Terbesar di Asia Tenggara.