Telkom Siap Jalankan Skenario ‘The New Normal’ Pasca Lebaran
Jakarta, Bumntrack.co.id – Menteri BUMN, Erick Thohir telah mengeluarkan surat edaran kepada seluruh Direktur Utama BUMN perihal Antisipasi skenario The New Normal Badan Usaha Milik Negara. Menindaklanjuti surat edaran tersebut, PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) siap mengimplementasikan skenario The New Normal di lingkungan kerja BUMN. Terkait dengan arahan untuk membentuk Task Force Penanganan Covid-19, TelkomGroup telah membentuk satuan tugas internal khusus untuk penanganan Covid-19 yang melibatkan seluruh unit fungsional maupun regional serta seluruh anak perusahaan secara terpusat di bawah komando Direktur Human Capital Management Telkom.
“Telkom secara proaktif terus melakukan berbagai kegiatan preventif bagi karyawan di lingkungan kerja, baik yang bekerja di kantor maupun yang bekerja dari rumah, yang keseluruhannya diawasi secara kontinyu melalui satuan tugas yang dibentuk untuk penanganan pandemi virus ini,” kata Direktur Utama Telkom, Ririek Adriansyah di Jakarta, Senin (18/5).
TelkomGroup telah memiliki dan menjalankan protokol kesehatan, prosedur kerja, serta aturan komunikasi di seluruh lingkungan kerja mencakup interaksi dengan mitra, pelanggan, pemasok dan pihak eksternal lainnya. Sebelumnya pun, Telkom terus melakukan sosialisasi dan update informasi kepada seluruh karyawan mengenai pencegahan Virus Corona baik secara langsung maupun melalui berbagai saluran media internal. Bahkan selama masa work from home ini Telkom juga secara rutin melakukan pendataan kondisi kesehatan karyawan setiap harinya melalui aplikasi absensi Diarium, melakukan penyemprotan disinfektan di seluruh area gedung di kawasan The Telkom Hub, baik area kerja karyawan maupun pelayanan pelanggan. Di samping itu juga telah mengaktifkan posko yang melibatkan tenaga medis serta call center yang dapat dihubungi 24 jam.
Budaya kerja TelkomGroup telah berorientasi pada teknologi digital melalui pemanfaatan berbagi aplikasi digital untuk perkantoran seperti Diarium, aplikasi Nota Dinas Elektronik, Portal Internal ataupun berbagai aplikasi pengeloaan Human Capital, hingga untuk keperluan komunikasi video conference dengan menggunakan aplikasi CloudX dan UMeetMe.
Untuk kebutuhan pelanggan, produk-produk TelkomGroup telah dilengkapi dengan dukungan aplikasi dan berbagai kanal digital maupun media sosial.
Saat ini skenario The New Normal yang akan diterapkan di lingkungan kerja TelkomGroup tengah disusun dan difinalisasi, agar dapat diimplementasikan oleh seluruh karyawan. Diharapkan penerapan The New Normal di lingkungan kerja ini dapat mendukung seluruh karyawan dalam menjaga efektivitas dan produktivitas perusahaaan, dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan masing-masing. Penerapan ini akan diberlakukan secara bertahap dengan mengikuti peraturan yang berlaku serta dengan mempertimbangkan hasil monitoring dan evaluasi agar dapat memberikan hasil yang optimal.
“Kami sadari bahwa kondisi saat ini menjadi tantangan untuk semua pihak, tak terkecuali BUMN. Untuk itu Telkom siap mengkampanyekan gerakan optimisme seluruh karyawan dalam menghadapi kondisi The New Normal ini. Dengan saling bahu membahu dan gotong royong, Insya Allah kita bisa menghadapi ini semua, #CovidSafe BUMN,” pungkasnya.