BERITA

TelkomGroup Aktif Mendukung Penanggulangan Dampak COVID-19 Bagi Kesejahteraan Masyarakat

Jakarta, Bumntrack.co.id – Di tengah pandemi COVID-19, Direktur Utama Telkom Ririek Adriansyah menyampaikan bahwa TelkomGroup berkomitmen bersatu bahu-membahu mengatasi dampak pandemi, sehingga bencana ini bisa segera diatasi. Komitmen itu diwujudkan melalui peran aktif Telkom dalam berkontribusi mendukung upaya Pemerintah sejak awal virus ini masuk ke Indonesia. Dimulai dari awal bulan Februari, saat penyiapan area isolasi di pulau Natuna bagi WNI dari Wuhan yang dipulangkan ke Indonesia dan juga penyiapan area isolasi di Pulau Sebaru Kepulauan Seribu, Telkom Group menyediakan akses Internet baik melalui jaringan kabel maupun jaringan seluler dari anak perusahannya Telkomsel.

“Di kondisi pandemi COVID-19 ini, kami berupaya agar dapat berkontribusi membantu seluruh segmen pelanggan dan masyarakat yang tersebar di seluruh Indonesia, baik melalui produk dan layanan maupun program CSR perusahaan. Tak hanya di segmen Personal dan Home, TelkomGroup pun peduli dalam mendukung segmen pelanggan UMKM, Korporasi hingga Pemerintah,” kata Direktur Enterprise & Business Service Telkom, Bogi Witjaksono di Jakarta, Kamis (14/5).

Dalam rangka mendukung upaya Pemerintah dalam penanganan COVID-19, TelkomGroup menyediakan infrastruktur dan jaringan telekomunikasi di berbagai area vital, seperti Pulau Natuna dan Pula Sebaru selaku area isolasi, serta penyediaan akses internet di berbagai rumah sakit dan rumah sakit darurat yang dibangun Pemerintah, seperti di Wisma Atlet Kemayoran dan Pulau Galang.

Tak hanya infrastruktur telekomunikasi, penyediaan layanan contact center 112 dan 119 pun kini telah terhubung dan terintegrasi antara Kementerian Kesehatan dengan 99 kabupaten dan kotamadya yang tersebar di seluruh Indonesia. Layanan contact center 119 juga telah dikembangkan khusus untuk Corona Crisis Center di ext 9 dan untuk Layanan Sehat Jiwa Nasional (SEJIWA) di ext 8, bekerjasama dengan sukarelawan ahli dari Himpunan Psikologi Indonesia (HIMPSI). Hal ini memudahkan masyarakat untuk memperoleh informasi terkait COVID-19 dari sumber yang terpercaya.

Selain itu juga untuk keperluan kemudahan bagi BNPB memonitor perkembangan COVID-19 di Indonesia dan mendapatkan informasi penting dalam pengambilan keputusan, TelkomGroup juga membangun dashboard Digital Information Management.

Tak hanya itu, untuk membantu Kementerian Kesehatan dalam memberikan sosialisasi kepada masyarakat, TelkomGroup menyediakan Digital Out of Home (DOOH) di sejumlah area yang dapat dimanfaatkan untuk memberikan pencerahan dan himbauan pemerintah untuk mengatasi menyebaran Virus Corona ini.

Sektor UMKM saat ini menjadi yang paling merasakan dampak social dari COVID-19. Dengan diberlakukannya Pembatasan Sosial Berskala Besar cukup berdampak pada menurunnya omzet bisnis UMKM. Mencermati kondisi ini, Telkom berinisiatif memberdayakan UMKM untuk menyediakan berbagai kebutuhan kesehatan seperti masker dan Alat Pelindung Diri (APD) lainnya disamping juga untuk menyiapkan paket sembako, menu berbuka puasa hingga bingkisan lebaran yang selanjutnya diberikan kepada masyarakat yang membutuhkan dan terdampak COVID-19 sebagai bagian dari kegiatan CSR perusahaan TelkomGroup Berbagi.

Selain itu juga untuk tetap memotivasi para pelaku UMKM, Telkom menjalankan program Training of Trainer secara online kepada 46 fasilitator Rumah BUMN yang kemudian dilanjutkan dengan diselenggarakannya online training produk kepada para UMKM mitra binaan. Dari kegiatan ini diharapkan mampu memotivasi para pelaku UMKM untuk tetap semangat berinovasi di tengah kondisi pandemi guna menjaga tetap berjalannya perekomomian masyarakat.

Berbagai inovasi juga dilakukan telah disumbangkan oleh TelkomGroup selama pandemi ini melalui beragam layanan digital demi mendukung bisnis pelanggan korporasi agar tetap bisa berjalan. Layanan tersebut diantaranya seperti NeucentriX Data Center, Digi ERP untuk sistem informasi perusahaan, Finpay untuk pembayaran digital, DigiClinic untuk sistem informasi klinik, Konsultasi Kesehatan Online, SATU (core banking BPR), SIAP Online (Sistem Informasi Pendidikan) untuk pendidikan, Mobile Ads (SMS Marketing) dan Mediahub untuk iklan pada TV berbayar, serta Anjungan Dukcapil Mandiri untuk mesin digitalisasi kependudukan. Tak ketinggalan juga, untuk mensolusikan kendala komunikasi selama masa work from home, TelkomGroup menyediakan layanan video conference, seperti UMeetMe dan CloudX dari Telkomsel.

Sementara itu untuk bidang Pendidikan, sebagai bentuk dukungan kebijakan pemerintah untuk learn from home, tersedia layanan Pijar dan SIAP Online yang dapat digunakan oleh dunia Pendidikan di Indonesia. Juga dalam membantu kalangan pelajar dan mahasiswa selama masa belajar dari rumah, TelkomGroup menyiapkan IP Daring ke lebih dari 200 Perguruan Tinggi di Indonesia dalam mendukung program bebas kuota hingga 30GB bagi pelanggan Telkomsel untuk akses ke sejumlah materi pembelajaran online termasuk kuliah online dari Perguruan Tinggi tersebut.

Bogi Witjaksono menambahkan bahwa seluruh layanan TelkomGroup tersebut didukung oleh kesiapan teknisi Corporate Customer Access Network (CCAN) yang telah dilengkapi dengan Alat Pelindung Diri untuk dapat melayani Pelanggan 24 jam 7 hari seminggu. “Segala upaya yang dihadirkan TelkomGroup merupakan wujud dari kehadiran perusahaan untuk terus memberikan kemanfaatan bagi kesejahteraan dan kemajuan masyarakat Indonesia. Semoga kita semua dapat saling bahu membahu menghadapi kondisi saat ini dan pandemi COVID-19 dapat segera berakhir,” pungkasnya.

Artikel Terkait

Back to top button