BERITA

Tepis Hoax, Jasa Tirta 2: Bendungan Jatiluhur Masih Aman

Jakarta, Bumntrack.co.id – Menyikapi maraknya dan peredaran berita palsu (hoax) yang terjadi di masyarakat, Perum Jasa Tirta 2 menegaskan bahwa Pintu Bendungan Jatiluhur masih dalam batas aman. Berita Hoax yang beredar sebelumnya yaitu Pintu bendungan jatiluhur telah dibuka dan akan sampai di bekasi pada tengah malam.

“Sampai saat ini kondisi bendungan Ir. H. Djuanda (Jatiluhur) masih sangat aman dan kondusif, dari tinggi air waduk saat ini 91,21 mdpl ke elevasi cadangan banjir waduk pada elevasi 106,5 mdpl. Masih mampu menampung volume air hingga 1,024 Milyar M3,” kata Sekretaris Perusahaan Jasa Tirta II, Dadan Hidayat di Jatiluhur, Minggu (13/1).

Menurutnya, Air yang dikeluarkan saat ini dari Bendungan Ir. H. Djuanda (Jatiluhur) adalah melalui pintu pembangkit listrik (PLTA) sesuai dengan rencana, yaitu dengan mengoperasikan 3 unit turbin pembangkit PLTA dari 6 unit yang terpasang. Sehingga tidak benar bahwa Bendungan Ir. H. Djuanda membuang air dengan membuka seluruh pintu pembuang.

“Bendungan Ir. H. Djuanda (Jatiluhur) tidak terkoneksi dan tidak ada hubungan/masuk ke sungai-sungai di Kabupaten/Kota Bekasi. Sehingga sangat tidak relevan menghubungkan banjir Kab. /Kota Bekasi dengan bendungan Ir. H. Djuanda (Jatiluhur),” jelasnya.

Pihaknya meminta ke masyarakat untuk tidak mudah percaya terhadap berita palsu/bohong (hoax) yang telah dihembuskan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Informasi lebih lanjut tentang kondisi Tinggi Muka Air (TMA) dapat diakses melalui www.jasatirta2.co.id.

Tags
Show More

Artikel Terkait

Back to top button
Close