BERITA

Terapkan Transformasi Digital, Indra Karya Go Live ‘IKSMART’ Terintegrasi

Jakarta, BUMN TRACK – Dalam rangka Hari Ibu Nasional, PT Indra Karya (Persero) meresmikan transformasi digital melalui inovasi sistem pengelolaan layanan proses bisnis, yaitu modul Enterprise Resource Planning (ERP) bernama “IKSMART”.

Peluncuran IKSMART merupakan komitmen Indra Karya dalam mendorong perubahan budaya menuju era 4.0.

“PT Indra Karya (Persero) terus memegang komitmen mendorong perubahan budaya kerja menuju era industri 4.0 dan IT Maturity semakin meningkat. Komitmen ini diwujudkan dalam aksi nyata perseroan dengan memanfaatkan tren digitalisasi sebagai alat percepatan dan kemudahan dalam mengelola perusahaan,” kata Direktur Utama PT Indra Karya (Persero) Gok Ari Joso Simamora di Jakarta, Jumat (22/12/23).

Lebih lanjut ia mengatakan, hal ini, termasuk ke dalam implementasi perseroan terhadap core value AKHLAK yang berlandaskan pada prinsip pengelolaan Good Corporate Governance berkelanjutan.

“Sebagai penutup 2023 dan menyongsong perusahaan menuju usia ke-63 tahun, saya menaruh harapan sebesar-besarnya kepada seluruh karyawan, baik office maupun site, untuk dapat mendorong seluruh program transformasi digitalisasi perusahaan dan mendorong tata kelola terintegrasi secara berkelanjutan untuk menghasilkan kemajuan yang signifikan pada PT Indra Karya (Persero),” tambahnya.

Bersamaan dengan berakhirnya 2023, transformasi sistem terintegrasi kini siap mengaplikasikan 8 (delapan) modul ERP yang terdiri dari E-Procurement, E-Budgeting, CRM & Project, Password, HGTM, Accounting, Industri, E-Office.
IKSMART telah dirancang sejak 2021 dan merupakan salah satu bentuk penerapan core value AKHLAK “Adaptif” dan “Kolaboratif”, melalui adanya adaptasi terhadap teknologi dan budaya, serta peran berbagai pihak yang telah berkolaborasi hingga dapat terwujudnya launching kedelapan modul ERP ini.

Direktur PT Indra Karya (Persero), Eko Budiono turut menyampaikan harapannya terkait terobosan digitalisasi berbasis ERP untuk memperkuat proses bisnis terintegrasi perseroan.

“PT Indra Karya (Persero) telah memanfaatkan budaya kerja digital dengan mengadopsi sistem E-Office, Cloud System, Pengelolaan SDM, Pengelolaan Keuangan, Operasi dan CRM terintegrasi yang merupakan terobosan cukup besar bagi PT Indra Karya (Persero),” ujarnya.

Eko berharap, Indra Karya senantiasa berkembang dalam menjalani bisnisnya, semakin lincah dan responsif untuk memberikan pelayanan terbaik bagi pelanggan usaha dan bisnis serta stakeholder lainnya, sembari menerapkan semangat core value BUMN : AKHLAK (Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, Kolaboratif).

Kegiatan peluncuran yang bertajuk “Let’s Transform Our Way” ini dihadiri oleh Direksi beserta jajaran BOD-1 dan BOD-2 PT Indra Karya (Persero) sekaligus menyaksikan sosialisasi implementasi IKSMART.

Direksi PT Indra Karya (Persero) turut memberikan apresiasi terhadap seluruh peran serta insan Indra Karya dan para stakeholder terkait hingga dapat terlaksananya kegiatan launching ERP.

Turut hadir menyaksikan seremonial launching IKSMART dari Pemegang Saham Kementerian BUMN yang diwakili oleh tim Keasdepan Bidang Teknologi dan Informasi Kementerian BUMN dan Pemegang Surat Kuasa Khusus (SKK) Pemegang Saham dari PT Danareksa (Persero) yang diwakili oleh Direktur Investigasi 3 PT Danareksa (Persero) Adi Pamungkas Dastian, Kepala Divisi Portfolio Management 2 PT Danareksa (Persero) Raden Gerald S. Grisanto.

Direktur Investasi 3 PT Danareksa (Persero) Adi Pamungkas Dastian juga menyampaikan harapan dan pesan terkait pemanfaatan IKSMART hingga jangka panjang bagi Indra Karya.

“Mendorong efisiensi dan sinergi Indra Karya terlebih dari sisi operasional. Terdapat 3 (tiga) hal yang akan dilaksanakan dalam setahun kedepan yakni fokus, percepatan, dan integrasi. Melalui Go Live ERP IKSMART ini, diharapkan dapat melancarkan proses bisnis perusahaan berlandaskan ketiga hal tersebut dan mendorong transformasi digital berkelanjutan,” jelas Adi.

Dengan adanya platform digitalisasi ini mendorong penguatan maturitas pengelolaan IT di lingkungan Indra Karya yang berdampak mendorong kinerja perseroan ke arah yang lebih baik.

Artikel Terkait

Back to top button