
Jakarta, Bumntrack.co.id – Vice President Industrial & Marine Fuel Business PT Pertamina (Persero), Waljiyanto mengungkapkan bahwa perseroan melayani penjualan solar secara business to business (B to B) terhadap tujuh segmen konsumen. Tujuh konsumen tersebut yaitu VVIP, stategis, bisnis, SME, Agen BBM, Inu dan konsumen Subsidiary.
“Porsi penyaluran BBM mayoritas berupa solar non subsidi, yaitu mencapai 95 persen dari total solar yang disalurkan untuk industri dan pelayaran. Bisnis ini sangat kompleks dan size nya sangat besar. Kami memilah-milah segmen berdasarkan perilaku sehingga harus mengetahui keinginan para konsumen yang paling mendasar itu apa,” kata Waljiyanto dalam diskusi virtual yang diselenggarakan Energy Watch, berkolaborasi dengan Asosiasi Pengamat Energi Indonesia (APEI), Ruang Energi dan Situs Energi di Jakarta, Kamis (8/4).
Untuk konsumen VVIP, Pertamina menyalurkan solar dengan kapasitas 606.308 Kiloliter (KL) pada 2020. Segmen VVIP tersebut terdiri dari TNI, Polri, KPLP, PSDKP, SAR, Bea Cukai dan pilar-pilar ketahanan negara yang termasuk penting dalam kehidupan sehari-hari. “Konsumen dengan tipe karakter VVIP ini harus dilayani dengan cepat dan segera,” jelasnya.
Segmen konsumen strategis telah disalurkan solar sejumlah 2.973.173 KL. Kemudian segmen Bisnis, dengan penyaluran 3.896.108 KL. “Segmen strategis itu penting, di bawah VVIP karena merupakan konsumen prioritas yang harus dilayani segera, yaitu PELNI, KAI, PLN, Pelindo, ASDP. Untuk segmen bisnis, yang termasuk di dalamnya adalah KKKS, Marine dan industri-industri lainnya sebesar 3,8 juta KL,” terangnya.
Kemudian segmen konsumen lainnya yaitu SME (Small Medium Enterprise), Agen BBM, INU dan Subsidiary, dengan masing-masing jumlah penyalurannya di 2020 mencapai 463.555 KL, 1.839.571 KL, 1.453.572 KL dan 2.387.149 KL. Subsidiary adalah sebelum adanya holding-holding, Pertamina melayani kebutuhan anak usaha seperti Patraniaga, Pertamina Petrofin, PT Pertamina Lubricant, PT Elnusa, PT Pertamina Retail dan anak usaha yang membutuhkan. “Segmen yang paling besar kami layani yaitu konsumen bisnis,” jelasnya.
Perseroan mengembangkan Pertamina One Solution untuk memberikan kemudahan dan kenyamanan kepada konsumen melalui one contract, one bill service, one contact poin, one monitoring dan control, one order. Tujuh layanan utama yang diberikan yaitu inventory and storage management, pay as you go, technical Service assistence hingga digitaliasi VHS.