BERITA

Terdampak Semeru, PLN: Sebanyak 615 Pelanggan Belum Menyala Karena Rumah Rusak Parah

Jakarta, Bumntrack.co.id – Infrastruktur kelistrikan Pascaerupsi Gunung Semeru (4/12) lalu telah berhasil dipulihkan, 112 gardu distribusi yang terdampak dapat kembali beroperasi 100 persen sejak Minggu (6/12). Sementara hingga Senin (13/12), total sebanyak 29.908 pelanggan terdampak erupsi sudah dapat kembali menikmati akses listrik.

“Sekitar 615 sisanya ini belum dapat dinyalakan karena zona belum aman serta kondisi rumah-rumah pelanggan di Desa Supit Urang dan Desa Curah Kobokan rusak parah. Rumah warga tersebut juga telah ditinggal penghuni mengungsi. Jadi kita akan selanjutnya berkoordinasi dengan pemerintah setempat untuk mengambil langkah selanjutnya,” papar Direktur Bisnis Regional Jawa Madura Bali, Haryanto WS dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Selasa (14/12).

Pihaknya juga meninjau langsung Solidarity Food Truck (SFT) YBM di Balai Desa Candipuro yang telah menyuplai kebutuhan makanan 300 pengungsi dan relawan setiap harinya. Sejak hadir pada 6 Desember lalu, SFT YBM telah memberikan manfaat kepada 4.500 jiwa dengan bantuan berupa dapur umum, perlengkapan tenda, pakaian hangat, kebutuhan anak-anak, obat-obatan dan masker, pos hangat, evakuasi korban, dan psikososial.

PLN akan menunggu keputusan pemerintah terkait rumah-rumah pelanggan yang berada di zona belum aman.”Kami siap dan kooperatif membuat jaringan kelistrikan di tempat baru apabila pemerintah akan merelokasi rumah-rumah yang berada di zona belum aman, atau alternatif lainnya,” ungkap Haryanto.

Komisaris PLN, Eko Sulistyo mengapresiasi penuh upaya dan gerak cepat personil PLN dalam memulihkan jaringan listrik di lokasi terdampak erupsi Gunung Semeru. Dalam kunjungannya tersebut, ia tak henti memberikan semangat kepada personil PLN dan relawan yang telah berjuang selama berhari-hari.

“Semangat untuk kita semua agar bisa memulihkan kondisi kelistrikan dan bisa membantu masyarakat untuk kembali bangkit, ” ujar Eko.

Artikel Terkait

Back to top button