Klik Banner Workshop BUMN Series
BERITACSR

TJSL Angkasa Pura II, Mulai dari Ambulance hingga 500 Pasang Sepatu untuk Siswa SD

Jakarta, Bumntrack.co.id – Sebagai bentuk tanggung jawab perusahaan terhadap masyarakat sekitar, PT Angkasa Pura II (AP 2) memberikan bantuan Tangung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL) kepada Puskemas, guru terbaik, siswa SD di kota Tangerang dan membangun taman bacaan. TJSL tersebut sesuai dengan instruksi kementerian BUMN yang membidangi tiga bagian yaitu bidang pendidikan, lingkungan dan UMKM.

“Sebagai BUMN, bagian dari tanggung jawab sebagai agen pembangunan, kami memberikan satu ambulan kepada Puskesmas Cibadak di Tangerang. Kemudian 12 laptop untuk guru terbaik di kota Tangerang. Selain itu, kami juga menyalurkan bantuan 500 pasang sepatu kepada para siswa SD di kota tangerang, serta membangun taman bacaan yang bekerjasama dengan yayasan satu benih,” kata Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko PT AP 2, Wiweko Probojakti di Jakarta, Rabu (23/3/22).

Menurutnya, sebagai BUMN, Angkasa Pura II (AP2) memiliki tiga tugas penting. Pertama, sebagai korporasi, AP2 dituntut untuk dapat menghasilkan laba yang diwujudkan dalam dividen kepada negara. Kedua, sebagai operator penerbangan, AP2 diminta negara untuk membangun infrastruktur penerbangan yang mengubungkan satu daerah ke daerah lainnya. Tugas ketiga, AP 2 memiliki Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL) sebagai agent of development.

“Dalam setahun, TJSL yang disalurkan AP 2 antara Rp15 hingga Rp16 miliar. TJSL tersebut terdiri dari tiga bidang pendidikan, lingkungan dan UMKM. Tidak hanya di lokasi bandara berada, tetapi TJSL bisa menjangkau di seluruh propinsi yang ada di seluruh Indonesia,” jelasnya.

Salah satu perwakilan guru penerima bantuan, Kabid Pembinaan Sekolah Dasar Kota Tangerang Helmiyati berterimakasih kepada AP 2 dan berharap kegiatan ini menjadi inspirasi bagi guru lain untuk memberikan karya terbaik. Guru dituntut untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan meskipun saat pandemi melanda.

“Meski pandemi, Guru memberikan karya terbaik agar kualitas pendidikan terus meningkat. Karena kehadiran guru tidak bisa digantikan dengan alat pembelajaran lain. Guru harus hadir untuk pembelajaran kepada siswa. Pandemi membuat kami harus bisa melakukan pembelajaran jarak jauh jauh. Padahal selama ini baru segelintir Guru yang mampu melakukan. Kemudian kami menggerakkan guru di Tangerang untuk membuat video pembelajaran. Kami bahkan meraih rekor MURI pembuat video pembelajaran terbanyak, lebih dari 3.000 video,” jelasnya.

SGM Of Community Development Center AP 2, Amrizal menambahkan bahwa dalam program TJSL kali ini perseroan menyalurkan bantuan sejalan dengan bidang prioritas yaitu pendidikan dan lingkungan.

“Ada 5 kegiatan yang dilakukan hari ini. Satu unit ambulance untuk kecamatan Cibadak. Kemudian 500 pasang sepatu untuk anak sekolah. Bantuan laptop untuk guru berprestasi di Tangerang. Renovasi perpustakaan dan Bantuan sembako terdampak banjir Serang,” kata Amrizal.

Pandemi Reda, Penerbangan Mulai Bergeliat
Terkait pandemi Covid-19 berdampak pada pendapatan AP2 selama dua tahun terakhir. Namun, dalam 4-5 bulan terakhir mobilitas masyarakat untuk bepergian meningkat. Hal tersebut dipengaruhi penanganan covid yang sangat baik, sehingga level PPKM terus berkurang dan persyaratan berpergian semakian direlaksasi. “Hal itu membuat pergerakan penumpang sudah mencapai 110.000 per hari, angka ini 85 persen dari kapasitas sebelum pandemi atau tahun 2019,” kata Wiweko Probojakti.

Menurutnya, pendapatan AP 2 pernah menurun hingga 60 persen di 2020 dibanding 2019. Saat ini pendapatan sudah mencapai 80 persen, namun secara keseluruhan bandara yang dikelola AP 2 masih 55 persen. “Karena yang paling cepet recovery adalah bandara Soekarno Hatta. Dari total pendapatan, penyokong yang paling tinggi adalah dari penumpang dan pesawat itu sudah 90 persen. sedangkan dari kargo di bawah 10 persen karena masih 600ribu ton setahun,” tutup Wiweko Probojakti.

Artikel Terkait

Back to top button