BERITA

Tol Japek II Elevated Dilewati Hingga 2.600 Kendaraan Per Jam

Jakarta, Bumntrack.co.id – Jalan Tol Jakarta-Cikampek II (Japek II Elevated) telah dioperasikan untuk kendaraan Golongan I (non-bus dan non-truk). Pengoperasian tersebut disambut baik oleh pengguna jalan tol, terbukti dari ramainya lalu lintas di Japek Elevated, saat pengoperasian hari pertama kemarin.

“Dari hasil evaluasi sementara, terlihat pada rentang waktu sore hari, jumlah pengguna Japek Elevated di ruas Jalur B (Karawang-Cikunir) mencapai lebih dari 2.600 kendaraan per jam, sementara arah sebaliknya Jalur A (Cikunir-Karawang), mencapai diatas 1.800 kendaraan per jamnya. Kondisi lalin ramai lancar, dari data terlihat Vehicle/Capacity Ratio, di Jalur A mencapai 0,4 dan di jalur B mencapai hampir 0,6,” kata Corporate Communication and Community Development Group Head Jasa Marga Dwimawan Heru di Jakarta, Rabu (18/12).

Dengan dioperasikannya Jalan Tol Japek Elevated di 15 Desember, terdapat kenaikan lalu lintas pada ruas Jalan Tol Jakarta-Cikampek sebesar 5,8% dari lalu lintas harian rata-rata (LHR) dari 413.000 menjadi 437.000.

“Kami juga mencatat, pengoperasian Japek Elevated mengakibatkan kenaikan lalu lintas yang cukup signifikan pada beberapa gerbang tol sebagai berikut : GT Karawang Timur, GT Kalihurip Utama 1, GT Cikampek Utama 1 (pengguna jalan yang melakukan perjalanan menerus),” ujarnya.

Evaluasi ini masih bersifat sementara, Jasa Marga terus mengevaluasi kinerja pencapaian target lalu lintas dan dipersilakan pengguna jalan mencoba Japek Elevated, dengan tetap mematuhi peraturan dan menjaga ketertiban lalu lintas.

Tags
Show More

Artikel Terkait

Back to top button
Close