BERITA

Torehan Prestasi PLN EPI, Peningkatan HOP hingga Penanggulangan ‘Sapi Makan Sapi’

Jakarta, BUMN TRACK – Subholding PLN Energi Primer Indonesia (PLN EPI) memiliki peran penting dalam kepastian pasokan energi batubara, gas, BBM maupun biomassa di pembangkit PLN.

“Kita diberikan tugas untuk menjamin kepastian pasokan energi primer. Sebelum ada PLN EPI, penyedia energi itu terpisah-pisah baik PLN pusat, PLN Indonesia Power maupun PLN Nusantara Power. Baik itu batubara, BBM, gas, biomass,” kata Sekretaris Perusahaan PLN EPI Mamit Setiawan dalam Press Briefing Corporate Exposure PLN EPI pada Selasa (20/2/24).

Berkat sinergi tersebut, menghasilkan kinerja yang optimal dengan meningkatnya pasokan pembangkit listrik PLN menjadi rata-rata diatas 24 hingga 33 Hari Operasi Pembangkit (HOP).

“Sepanjang 2023, HOP mencatatkan rekor aman. Rata-rata pada tiap hari mencapai 24 sampai 33 hop. Sepanjang 2023 tidak pernah di bawah 20 hari,” tambahnya.

Selain itu, untuk pasokan energi gas masih sesuai kebutuhan sistem dan dalam kondisi sangat aman. Begitu pula dengan BBM mencapai rata-rata 9 HOP hingga 18 HOP.

“Pasokan energi PLN EPI lebih banyak digunakan untuk PLN grup. Sedangkan IPP lain memiliki tanggung jawab sendiri dalam penyediaan suplai energi,” tambahnya.

Sepanjang 2023, biomassa ditargetkan mencapai 1 juta ton. Target tersebut tercapai berkat kejelian PLN EPI memberdayakan ekonomi masyarakat. Sedangkan untuk tahun 2024, PLN EPI ditargetkan mensuplai 2,6 juta biomassa untuk 47 PLTU.

“Biomassa PLN EPI bukan hanya menebang pohon, tapi mengolah limbah yang menghasilkan produk biomasa. Jadi kita manfaatkan lahan yang tidak optimal, memberdayakan masyarakat. Contohnya di Gunungkidul Yogyakarta, pemanfaatan tanaman biomassa pada sultan ground dapat memberikan nilai tambah bagi peternak sapi. Jadi tidak ada istilah Sapi makan Sapi,” jelasnya.

Istilah sapi makan sapi yang sering terjadi di Gunung Kidul karena pada musim hujan, pakan ternak melimpah dihasilkan dari ladang, sawah maupun kebun. Mereka cenderung untuk membeli sapi sebagai hewan ternak. Namun ketika memasuki musim kemarau, stok pakan ternak menurun. Hal tersebut membuat mereka menjual Sapi untuk membeli pakan Sapi. Jadi, jual sapi untuk beli pakan sapi.

Artikel Terkait

Back to top button