Klik Banner Workshop BUMN Series
BERITA

Volume Meningkat, KAI Commuter Siapkan 1.007 Perjalanan KRL

Jakarta, Bumntrack.co.id – KAI Commuter mencatat bahwa volume Pengguna KRL Jabodetabek pada hari Senin setelah libur akhir pekan dalam tiga pekan terakhir pada Bulan Maret 2022 ini menunjukkan tren meningkat sejalan dengan kembalinya aktivitas masyarakat pada pemberlakuan PPKM Level 2.

“KAI Commuter mencatat rata-rata pengguna pada Hari Senin, tanggal 7, 14 dan 21 Maret lalu sebesar 533.380 pengguna. Data tersebut lebih tinggi 15 % dari rata-rata volume pengguna pada libur akhir pekan selama bulan Maret 2022 yaitu sebesar 463.932 pengguna per harinya. Sedangkan rata-rata volume harian pengguna pada hari kerja selain hari Senin pada tiga pekan terakhir sebesar 470.175 pengguna,” kata VP Corsec KAI Commuter, Anne Purba di Jakarta, Senin (27/3/22).

Dari data tersebut, akhir pekan merupakan hari dimana jumlah pengguna KRL Jabodetabek lebih rendah disbanding dengan hari kerja lainnya terutama Hari Senin. Akhir pekan juga merupakan waktu yang tepat bagi pengguna KRL dalam merencanakan perjalanannya karena lebih leluasa dan terhindar dari potensi kepadatan. KAI Commuter mengajak para pengguna KRL terutama bagi pengguna yang akan kembali ke Jakarta dari daerah penyangganya, untuk menggunakan perjalanan KRL pada akhir minggu ini.

“Saat ini KAI Commuter menyediakan 1.007 perjalanan KRL dengan jam operasional mulai pukul 04.00 – 22.00 WIB per harinya dan pemberlakuan kapasitas kuota pengguna sebanyak 60% sesuai dengan aturan dari Pemerintah. KAI Commuter mengajak pengguna untuk tetap taat protokol kesehatan. Tetap jaga jarak saat duduk di kursi KRL maupun saat berdiri. Ikuti marka stiker yang ada agar kereta tidak terisi melebihi kapasitas pengguna yang diizinkan,” jelasnya.

Mengingat cuaca yang tidak menentu dalam beberapa pekan terakhir ini, KAI Commuter mengajak pengguna untuk mempersiapkan diri menghadapi perubahan cuaca. Selalu siapkan payung, jaket, atau jas hujan saat pergi beraktivitas. Gunakan juga alas kaki yang tidak licin agar lebih aman.

“Saat cuaca ekstrem mengganggu perjalanan KRL, kami menghimbau pengguna untuk tetap tenang serta mengikuti informasi dan petunjuk dari petugas di kereta. Petugas telah dibekali dengan prosedur dan pelatihan untuk menghadapi keadaan tersebut. Bila keadaan memungkinkan, petugas juga akan membantu pengguna untuk keluar dari kereta menuju ke stasiun terdekat ataupun ke rangkaian kereta lainnya dengan tetap mengutamakan keselamatan para pengguna,” jelasnya.

Dalam mendukung program Pemerintah, KAI Commuter bekerja sama dengan Kepolisian Republik Indonesia akan melaksanakan kegiatan vaksinasi booster pada Senin (28/3), di halaman parkir Stasiun Cikarang. Pada kegiatan vaksinasi tesebut akan disediakan dosis vaksin booster Astra Zaneca untuk para pengguna KRL dan masyarakat di wilayah Stasiun Cikarang dengan langsung mendaftar di lokasi. Sebelum mengikuti vaksinasi, pastikan dalam kondisi sehat, istirahat yang cukup, dan sudah makan. Petugas akan melakukan screening dan pemeriksaan tekanan darah bagi calon peserta vaksinasi.

“KAI Commuter terus mengimbau kepada seluruh pengguna KRL untuk selalu merencanakan perjalanan yang baik dan mengikuti seluruh protokol kesehatan yang berlaku agar bisa menciptakan transportasi KRL yang sehat, aman dan nyaman bagi para penggunanya selama masa pandemi ini,” tutupnya.

Artikel Terkait

Back to top button