BERITA

Antisipasi Lonjakan Penumpang, Pelabuhan Makassar Dirikan Posko Nataru

Bumntrack.co.id. Jakarta – Mengantisipasi arus penumpang kapal pada musim mudik akhir tahun ini, PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Regional 4 Makassar bersama seluruh instansi pelabuhan terkait membuka Posko Penyelenggaraan Angkutan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 di Pelabuhan Makassar.

Pembukaan Posko Penyelenggaraan Angkutan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 (Nataru) ini ditandai dengan Apel pagi yang berlokasi di Car Terminal Pelabuhan Makassar, dipimpin oleh Kepala Kantor Otoritas Pelabuhan (OP) Utama Makassar Muhammad Anto Julianto, dan dihadiri seluruh instansi terkait antara lain Kantor Kesyahbandaran Utama Makassar, PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Regional 4, PT Pelayaran Indonesia (Pelni), Kantor Bea dan Cukai Pelabuhan Makassar, Kantor Distrik Navigasi Kelas I Makassar, Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Makassar, dan Polres Pelabuhan Makassar.

Kepala Kantor Otoritas Pelabuhan Utama Makassar, Muhammad Anto Julianto menyampaikan bahwa pembentukan posko ini salah satunya adalah untuk mencegah beredarnya tiket kapal liar, atau tiket kapal yang dibeli penumpang melalui calo atau pihak yang tidak bertanggung jawab.

“Serta untuk menegakkan aturan Standar Operasional Prosedur (SOP) yang diberlakukan di dalam area Pelabuhan Makassar,” kata Kepala Kantor Otoritas Pelabuhan Utama Makassar, Muhammad Anto Julianto dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Selasa (20/12/22).

General Manager Pelindo Regional 4 Makassar, Suhadi Hamid mengatakan bahwa posko dibuka mulai Senin, 19 Desember 2022 hingga 3 Januari 2023 dan berlokasi di area Pelabuhan Makassar.

“Posko ini juga bertujuan untuk memantau arus penumpang kapal baik debarkasi atau turun maupun embarkasi atau yang naik ke atas kapal di Pelabuhan Makassar selama 16 hari, terhitung sejak 19 Desember 2022,” kata Suhadi.

Deputy General Manager Pelindo Regional 4 Makassar, Ichdinas Efendy menambahkan bahwa pihaknya siap mendukung penyelenggaraan Posko Angkutan Nataru ini. “Kami juga senantiasa mengantisipasi barang bagasi penumpang, bekerja sama dengan PT Pelni untuk menyiapkan area konsolidasi agar pengelolaan barang menjadi lebih tertib. Serta membangun RTS (Ruang Tunggu Sementara) yang lebih permanen bagi penumpang transit atau delay kapal agar dapat beristirahat dengan nyaman,” tukasnya.

Usai melaksanakan Apel pembukaan posko, Kepala Kantor Otoritas Pelabuhan Utama Makassar bersama Division Head Pelayanan Operasi Pelindo Regional 4, Yusida M. Palesang, Deputy General Manager Pelindo Regional 4 Makassar, Ichdinas Efendy, serta pejabat instansi lainnya di Pelabuhan Makassar langsung menuju Posko Penyelenggaraan Angkutan Nataru untuk meninjau kesiapan tim yang berjaga.

Seperti diketahui, Pelabuhan Makassar merupakan pelabuhan terbesar dan menjadi salah satu gerbang utama di wilayah Indonesia Timur. Pembukaan Posko Penyelenggaraan Angkutan Nataru tahun ini juga untuk mengantisipasi terjadinya arus lonjakan penumpang khususnya di Pelabuhan Makassar, mengingat ini adalah mudik Natal dan Tahun Baru pertama pasca Pandemi Covid-19 di mana masyarakat mulai kembali kepada kultur mudiknya.

Artikel Terkait

Back to top button