Jakarta, Bumntrack.co.id – BUMN memiliki peran strategis dalam perekonomian nasional. Dalam menjalankan fungsinya sebagai agen Pembangunan, BUMN harus memiliki daya saing tinggi dalam aspek branding dan pemasaran. Dengan berkembangnya era digital dan meningkatnya persaingan global, BUMN dituntut untuk terus melakukan inovasi dalam strategi branding dan pemasaran agar tetap relevan dan kompetitif.
BUMN Track bersama BTA Academy didukung oleh DMID WIR Grup kembali menyelenggarakan BUMN Branding and Marketing Award (BBMA) ke-13 tahun 2025 sebagai bentuk apresiasi dan pengakuan terhadap upaya konkret perusahaan BUMN dalam mengoptimalkan potensi branding dan marketing perusahaan.
Acara puncak penganugerahan berlangsung di Hotel Borobudur, Jakarta, Rabu 3 Desember 2025. Bertindak sebagai Dewan Juri Kehormatan Dr. Ir. Arief Yahya, MSc selaku Dewan Pakar BUMN Track.
BBMA 2025 mengangkat tema “Brand BUMN Menuju Kedaulatan Digital dan Daya Saing Global”. Tema ini penting, mengingat kedaulatan digital kini menjadi fondasi dari kedaulatan ekonomi dan daya saing bangsa.
CEO BUMN Track, Syamsudin Hadi Sutarto mengatakan, sebagai media independen yang sudah berdiri selama 17 tahun sekaligus terverifikasi Faktual Dewan Pers, BUMN Track ingin memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada seluruh BUMN yang telah menunjukkan kinerja yang luar biasa dalam membangun brand dan meningkatkan daya saing.
“BUMN Branding & Marketing Award yang diselenggarakan oleh BUMN Track hadir sebagai ajang penghargaan bergengsi bagi BUMN yang berhasil mengimplementasikan strategi branding dan pemasaran secara efektif. Memasuki tahun ke-13, penghargaan ini semakin memperkuat perannya dalam mendorong BUMN untuk terus meningkatkan reputasi dan positioning di Tingkat nasional maupun global,” ungkap SH Sutarto.
Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas branding dan marketing, memperkuat insan-insan BUMN unggul, mengintegrasikan teknologi canggih, mendorong inovasi dan kreativitas serta memperkuat posisi global BUMN. Perusahaan dapat menggunakan branding dan marketing yang kuat sebagai alat untuk berkontribusi pada citra positif dan pertumbuhan sosial ekonomi Indonesia serta memperkuat posisi BUMN di pasar internasional.
Ketua Dewan Juri BBMA 2025 yang juga selaku Chairman DMID & WIR Group, Daniel Surya mengatakan, di era integrasi teknologi saat ini brand BUMN dituntut untuk memberikan eksperiens yang dirasakan publik secara real-time, bergerak dari communication menjadi continuous interaction. Semakin kuat transformasi digital sebuah BUMN, semakin kuat pula sovereign capability bangsa di mata dunia.
“Transformasi digital bukan lagi pilihan, melainkan keniscayaan. Dengan menguatkan komitmen dan kolaborasi ekosistem, kita bisa melompat lebih jauh dan membawa brand-brand BUMN menjadi champion di tingkat regional maupun global,” ungkap Daniel Surya.
Kategori Penilaian
Aspek penilaian BBMA 2025 terdiri atas empat kategori, yakni Brand Strategy Excellence, Global Branding & Marketing, Transformation brand and marketing in digital Era serta The Best CMO BUMN Branding and Marketing Award.
Sama seperti tahun-tahun sebelumnya, BBMA 2025 menekankan tiga tahapan dalam proses penilaian. Pertama, Pengisian Kuesioner yang bertujuan untuk melihat struktur strategi, arah brand, dan kapabilitas digital masing-masing BUMN. Kedua, Presentasi & Wawancara bersama Dewan juri sebagai momentum dialog dua arah, bukan sekadar formalitas, di mana para juri juga dapat menggali strategi lebih dalam. Terakhir, Evaluasi & Penilaian Juri.
Sebanyak 74 perusahaan perserta yang terdiri dari BUMN, BUMN Tbk dan Anak Perusahaan BUMN, mengikuti proses penjurian BUMN Branding & Marketing Award 2025 tahun ke-13 melalui online zoom meeting. Proses penjurian berlangsung pada 10-26 November 2025.
Sederet nama besar Perusahaan BUMN keluar sebagai pemenang kategori Perusahaan BUMN dan Tbk diantaranya PT Pupuk Indonesia sebagai The Best Impact on Indonesia Kategori Global Branding and Marketing, PT Bank BTN Tbk sebagai The Best Customer Experience & Personalization Kategori Transformation Brand and Marketing in Digital Era, PT Waskita Karya (Persero), Tbk sebagai the Best Global Branding and Marketing Strategy. Kemudian, PT Kereta Api Indonesia (Persero) dinobatkan sebagai The Best Brand Strategy Relevance sekaligus The Best Brand Agility & Perception.
Pada kategori Anak Perusahaan, diraih oleh PT Integrasi Aviasi Solusi (IAS) sebagai The Best Brand Strategy Relevance, PT Nindya Karya sebagai The Best Brand Creative Communication & Activation, dan PT Taman Mini Indonesia Indah sebagai peraih Brand Agility & Perception, dan PT Permodalan Nasional Madani meraih The Best Sustainable Branding Initiative.
Selanjutnya, PT Telekomunikasi Indonesia International (Telin) berhasil mempertahankan penghargaan platinum sebagai The Best Global Branding and Marketing Strategy dan The Best International Recognition. Disusul PT Petrokimia Gresik yang meraih The Best Impact on Indonesia dalam Kategori Global Branding & Marketing Award 2025.
Sebagai rangkaian awarding, digelar pula acara “conference” yang merupakan forum dialog antara pengambil kebijakan, CEO/praktisi dan Profesional Branding & Marketing. Kegiatan ini menghadirkan tiga nara sumber, yakni Almira Shinantya selaku Brand Stretegist & Excecutive Director BBMA, Dr Muhammad Awaluddin selaku Founder Indonesia Digital Society Firum (IDSF) & Expert BTA Academy, serta pemenang Best CMO BBMA 2025.








