BERITA

Dukung Net Zero Emission, SMI Mulai Beralih ke Mobil Listrik

Jakarta, Bumntrack.co.id – PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero) (PT SMI) turut mendorong pencapaian target Net-Zero Emission (NZE) tahun 2060 dengan melakukan upaya pengurangan pemanasan global (carbon footprint) di Indonesia melalui kegiatan operasionalnya, salah satunya adalah dengan beralih ke Kendaraan Berbasis Listrik (“KBL”) dari kendaraan berbahan bakar minyak (BBM) yang saat ini digunakan.

Pengalihan ini dilakukan secara bertahap melalui pembelian 2 (dua) unit kendaraan Hyundai type Ioniq dari PT Hyundai Mobil Indonesia sebagai pengalihan tahap awal. Langkah ini juga sekaligus menjadi bentuk dukungan PT SMI terhadap industri otomotif nasional yang saat ini tengah berkembang.

“PT SMI sangat mendukung penuh upaya yang dilakukan oleh pemerintah dalam mewujudkan pencapaian NZE di Indonesia, salah satunya dengan melakukan peralihan secara bertahap untuk kendaraan operasional perusahaan menjadi kendaraan berbasis listik, yakni dari PT Hyundai Mobil Indonesia, dimana ide atau gagasan atas inisiatif ini berasal dari SMIers (Karyawan PT SMI). Kami di Manajemen sangat mendukung gagasan tersebut dan bersyukur bahwa konsep NZE ini telah tertanam di individu karyawan kami. Kami juga mengucapkan terima kasih kepada Pemegang Saham dalam hal ini Kementerian Keuangan, PT Hyundai Mobil Indonesia, dan Manajemen Gedung Sahid Sudirman Center atas dukungan yang telah diberikan kepada PT SMI terhadap penerapan inisiatif ini dalam rangka mencapai tujuan NZE,” kata Direktur Operasional dan Keuangan PT SMI, Darwin Trisna Djajawinata dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Jumat (20/5/22).

Hadir secara langsung dalam acara simbolisasi, Kepala Sub Direktorat Kekayaan Negara Dipisahkan I, Direktorat Jenderal Kekayaan Negara Kementerian Keuangan RI – Nofiansyah, yang mewakili Kementerian Keuangan selaku Pemegang Saham, menyampaikan apresiasi serta dukungannya kepada inisiatif yang telah dicanangkan oleh PT SMI. “Kami bangga dan sangat mendukung PT SMI untuk menuju NZE melalui upaya-upayanya. Kami juga senantiasa bersyukur karena PT SMI selalu menginisiasi ide-ide yang bagus, yang mana tentu ini akan sangat berguna bagi keberlangsungan generasi kita di masa depan”, ujarnya.

Direktur Sales & Marketing PT Hyundai Mobil Indonesia, Hendrik Wiradjaja berterima kasih dan apresiasi yang positif atas inisiatif PT SMI ini, untuk berkomitmen dan mendukung program pengalihan kendaraan operasionalnya dari yang berbahan bakar minyak (BBM) menjadi berbasis listrik. “Kami di PT Hyundai juga akan berkomitmen dan mendukung rencana PT SMI untuk tujuan NZE ini dengan maksimal,” jelasnya.

Tidak hanya terbatas pada kegiatan operasional, yang mana PT SMI juga telah banyak mengembangkan inisiatif lain seperti melakukan upaya efisiensi pada konsumsinya antara lain air, energi, dan pengelolaan sampah, upaya dan komitmen dalam mendukung pencapaian pembangunan berkelanjutan dan transisi energi bersih juga dilakukan oleh PT SMI dalam implementasi bisnisnya. Melalui tiga pilar bisnis perusahaan, yaitu (1) Pembiayaan dan Investasi, (2) Pengembangan Proyek, dan (3) Jasa Konsultasi, PT SMI sebagai Perusahaan Pembiayaan Pembangunan Nasional juga banyak mendukung pembangunan proyek-proyek infrastruktur ramah lingkungan di Indonesia, salah satunya yaitu pada sektor energi terbarukan.

Artikel Terkait

Back to top button