HUT ke-36, Bisnis Digital Bank Raya Terus Tumbuh, Tangguh dan Berkelanjutan

E-Magazine Agustus - September 2025

Bank Raya memperkuat fundamental menjadi Bank Digital yang terus  bertumbuh secara berkelanjutan. Momentum HUT ke-36 tahun dijadikan perusahaan untuk melanjutkan visi menjadi Bank Digital Utama yang Memberikan Akses Terluas bagi Masyarakat di Indonesia, dengan komitmen untuk bertumbuh akseleratif melalui inovasi produk digital agar dapat tetap relevan memenuhi kebutuhan perbankan nasabahnya di tengah kondisi market yang menantang.

“Bank Raya optimis dapat terus membangun fundamental bisnis yang tangguh dan menuju profitabilitas yang berkelanjutan,” ungkap Direktur Utama Bank Raya Ida Bagus Ketut Subagia, di hadapan para awak media, Rabu, 1 Oktober 2025.

Sebagai bank digital, komitmen Bank Raya untuk menjadi digital attacker BRI Group semakin diwujudkan dengan rangkaian inovasi produk dan fitur di bisnis digital setahun terakhir. Melalui champion product Bank Raya yaitu Aplikasi Raya, Bank Raya terus berkomitmen mendorong adopsi keuangan digital di masyarakat, pelaku usaha, dan juga komunitas agar dapat terus bertumbuh.

“Tema Tangguh dan Tumbuh Sehat yang diusung pada HUT ke-36 Bank Raya ini merupakan cerminan dari semangat Bank Raya untuk menjadi digital attacker BRI Group melalui inovasi produk berkelanjutan, dan relevan dengan kebutuhan transaksi perbankan nasabahnya di tengah kondisi ekonomi makro yang menantang. Sehingga Bank Raya terus menjadi andalan untuk transaksi perbankan digital.”

Salah satu champion product Bank Raya adalah Saku Bisnis, menjadi solusi bagi pengelolaan keuangan pelaku usaha dalam pengembangan bisnis. Fitur andalan Saku Bisnis yang terus dikembangkan untuk semakin memudahkan para pelaku usaha melalui transaksi adalah menu mass transfer yang memungkinkan nasabah untuk melakukan transfer sekaligus ke banyak rekening tujuan secara real time, yang mempermudah pelaku usaha untuk melakukan transaksi payroll atau pembayaran kepada supplier.

Selain itu, fitur Saku Bisnis memungkinkan pelaku usaha melakukan pemisahan bujet usaha dengan membuat hingga lima saku bisnis berbeda, hingga melakukan pengecekan mutasi rekening untuk memantau operasional keuangan bisnis mereka dengan baik.

“Per Agustus 2025, Saku Bisnis Bank Raya telah dimanfaatkan oleh lebih dari 10 ribu pelaku usaha di berbagai kota termasuk di Cluster Unggulan Bank Raya seluruh Indonesia,” jelasnya.

Inovasi lainnya juga diperkenalkan Bank Raya di semester 2/2025 ini adalah Kartu Virtual Debit Visa.  Melalui aplikasi ini, nasabah dapat bertransaksi di jaringan merchant online, termasuk transaksi pada e-commerce, platform transportasi online, dan berbagai platform online lainnya di domestik maupun internasional.

Disamping terus mendorong penciptaan produk dan fitur yang relevan dengan kebutuhan nasabah, Bank Raya berkomitmen untuk membangun fundamental bisnis dan keuangan yang tangguh dan terus bertumbuh yang tercermin dari upaya perbaikan (continuous improvement) di rasio-rasio inti kinerja keuangan serta bisnis digital.

Sepanjang Kuartal II/2025, Bank Raya berhasil membukukan laba bersih di Kuartal II/2025 sebesar Rp32,93 miliar dengan kenaikan 64,5% secara tahunan (yoy), dan mencatatkan pertumbuhan positif untuk Total Kredit di Kuartal II/2025 sebesar 7,4% (yoy) atau mencapai Rp7,28 triliun. Pertumbuhan tersebut turut menopang pertumbuhan positif Total Aset Bank Raya di Kuartal II/2025 menjadi sebesar Rp13,34 triliun.

Komitmen Bank Raya untuk terus memperkuat bisnis digital ditunjukkan dengan penyaluran kredit digital selama Kuartal II/2025 yang mencapai Rp13,42 triliun atau tumbuh 64,8% (yoy), sehingga mendorong pertumbuhan signifikan outstanding kredit digital Bank Raya mencapai Rp2,62 triliun atau tumbuh sebesar 79,2% (yoy).

“Dengan komitmen untuk terus berinovasi, serta fokus disiplin keuangan yang ketat untuk menjaga profitabilitas, kami optimis dapat tumbuh tangguh dan sehat, serta terus menciptakan dampak positif bagi ekosistem BRI Group,” pungkasnya.

Bagikan:

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Ut elit tellus, luctus nec ullamcorper mattis, pulvinar dapibus leo.