Klik Banner Workshop BUMN Series
BERITA

IDSurvey dan Tujuh BUMN Teken MoU Dekarbonisasi

Jakarta, Bumntrack.co.id – Sejalan dengan komitmen Pemerintah Indonesia dalam mencapai net zero carbon emission pada 2060, Kementerian BUMN memberikan amanah kepada IDSurvey (Holding BUMN Jasa Survei) melalui induk holdingnya yaitu PT Biro Klasifikasi Indonesia (Persero) atau BKI bekerja sama dengan PT EMI dalam menjalankan bisnis berbasis ekonomi hijau, salah satunya adalah menyiapkan pilot project dalam upaya dekarbonisasi di Indonesia. Upaya yang dilakukan yaitu penandatangan nota kesepahaman antara BKI dengan sejumlah BUMN antara lain Pertamina, PLN, Perum Perhutani, Semen Indonesia, Pupuk Indonesia, MIND ID, PTPN, dan EMI.

“Pada 2021 lalu, Kementerian BUMN dan BUMN telah melakukan beberapa inisiatif, dan bahkan memiliki Program Management Office (PMO) khusus yang mengkoordinasikan beberapa BUMN. Terdapat 4 PMO Inisiatif Ekosostem dalam rangka mendukung implementasi Nilai Ekonomi Karbon (NEK), yaitu BUMN Carbon Market, Green Industry Cluster, Maksimalisasi NBS Potential, dan Scale-up EV Adoption,” kata Wakil Menteri BUMN I, Pahala Nugraha Mansury di Jakarta, Rabu (2/2/22).

Menurutnya, ada 7 BUMN yang bergabung pada saat itu yaitu PTPN, Pupuk Indonesia, Pertamina, Mind ID, PLN, Semen Indonesia, BKI, begitu juga dengan Perhutani. “BUMN ini di satu sisi menjadi BUMN yang selama ini kita kenal sebagai penghasil emisi, atau produsen emisi, tetapi ada juga yang berpotensi untuk memberikan National Best Climate Solution, seperti Perhutani dan PTPN,” ujar Pahala.

Berdasarkan hasil identifikasi PMO telah ditemukan beberapa hal, salah satunya diperlukan adanya inisiatif untuk bisa menurunkan emisi secara end to end atau dari huku ke hilir, terutama melalui efisiensi energi, migrasi, atau perubahan jenis energi yang mungkin memiliki emisi yang lebih tinggi agar dapat di ubah menuju emisi yang lebih rendah.

“Atau ada dua hal lain yang juga sudah diidentifikasi, yaitu bagaimana kita bisa melihat pengembangan dari usaha line of business yang mungkin akan bisa menjadi pendorong untuk menurunkan emisi, misalnya pengembangan daripada ekosistem EV (EV Battery) pada kendaraan roda dua dan roda empat, atau pun bagaimana kita mengembangkan Green Industry Cluster, geothermal, dan energi baru dan terbarukan. Nah ini merupakan inisiatif-inisiatif yang sudah kita identifikasi dan mulai kita lakukan perhitungan secara matang untuk melihat apakahinisiatif tersebut bisa berkontribusi pada komitmen Indonesia untuk bisa menurunkan emsii 29% pada tahun 2030 nanti, ini tentunya memerlukan validasi dan verifikasi bersama-sama,” lanjut
Pahala.

Direktur Utama BKI, Rudiyanto mengungkapkan Pilot project kolaborasi antar BUMN untuk dekarbonisasi ini akan menjadi pilot perdagangan karbon yang dapat mendukung terpenuhinya target NDC 2030 dan target zero emission 2060 serta pembangunan rendah karbon yang sesuai dengan target pembangunan berkelanjutan. “Peran utama BUMN pada lembaga verifikasi dan validasi guna mendukung kegiatan seperti pengukuran dan inventori data emisi karbon, pengelolaan dokumen pengembangan proyek rendah karbon serta pengembangan teknologi rendah emisi. BUMN yang dapat berperan sebagai lembaga konsultan, verifikasi, validasi dan pendukung pasar karbon,” ungkap Rudiyanto.

Artikel Terkait

Back to top button