Ini Pemenang BUMN Branding & Marketing Award 2025 Tahun ke-13

Penerima penghargaan BBMA 2025 (Foto: Roni/BUMNTRACK)
E-Magazine Agustus - September 2025

Jakarta, Bumntrack.co.id – BUMN Track bersama BTA Academy didukung oleh DMID WIR Grup kembali menyelenggarakan BUMN Branding and Marketing Award (BBMA) ke-13 tahun 2025 sebagai bentuk apresiasi dan pengakuan terhadap upaya konkret perusahaan BUMN dalam mengoptimalkan potensi branding dan marketing perusahaan.

BBMA 2025 mengangkat tema “Brand BUMN Menuju Kedaulatan Digital dan Daya Saing Global”. Tema ini penting, mengingat kedaulatan digital kini menjadi fondasi dari kedaulatan ekonomi dan daya saing bangsa.

“BUMN Branding & Marketing Award yang diselenggarakan oleh BUMN Track hadir sebagai ajang penghargaan bergengsi bagi BUMN yang berhasil mengimplementasikan strategi branding dan pemasaran secara efektif. Memasuki tahun ke-13, penghargaan ini semakin memperkuat perannya dalam mendorong BUMN untuk terus meningkatkan reputasi dan positioning di Tingkat nasional maupun global,” ungkap CEO BUMN TRACK, SH Sutarto di Jakarta, Rabu (3/12/25).

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas branding dan marketing, memperkuat insan-insan BUMN unggul, mengintegrasikan teknologi canggih, mendorong inovasi dan kreativitas serta memperkuat posisi global BUMN. Perusahaan dapat menggunakan branding dan marketing yang kuat sebagai alat untuk berkontribusi pada citra positif dan pertumbuhan sosial ekonomi Indonesia serta memperkuat posisi BUMN di pasar internasional.

Aspek penilaian BBMA 2025 terdiri atas empat kategori, yakni Brand Strategy Excellence, Global Branding & Marketing, Transformation brand and marketing in digital Era serta The Best CMO BUMN Branding and Marketing Award.

Sebanyak 74 perusahaan perserta yang terdiri dari BUMN, BUMN Tbk dan Anak Perusahaan BUMN, mengikuti proses penjurian BUMN Branding & Marketing Award 2025 tahun ke-13 melalui online zoom meeting. Proses penjurian berlangsung pada 10-26 November 2025.

Hasil Pemenang BUMN Branding & Marketing Award 2025 Tahun ke-13

A. KATEGORI PERUSAHAAN

  1. PERUSAHAAN BUMN & PERUSAHAAN TBK

KATEGORI “BUMN BRAND STRATEGY EXCELLENCE AWARD 2025”

  1. Brand Strategy Relevance
    Platinum : PT Kereta Api Indonesia (Persero)
    Gold : PT PELNI (Persero)
    Silver : PT SUCOFINDO (Persero)
  2. Brand Creative Communication & Activation
    Platinum : PT Perkebunan Nusantara III (Persero)
    Gold : Perum Perumnas
  3. Brand Agility & Perception
    Platinum : PT Kereta Api Indonesia (Persero)
    Gold : SIG (PT Semen Indonesia (Persero) Tbk)
  4. PERUSAHAAN BUMN & PERUSAHAAN TBK
    KATEGORI “GLOBAL BRANDING & MARKETING AWARD 2025”
  5. Global Branding and Marketing Strategy
    Platinum : PT Waskita Karya (Persero), Tbk
    Gold : PT Pupuk Indonesia (Persero)
  6. International Recognition
    Platinum : PT Waskita Karya (Persero), Tbk
    Gold : PT Bio Farma (Persero)
  7. Impact on Indonesia
    Platinum : PT Pupuk Indonesia (Persero)
    Gold : PT Dirgantara Indonesia

PERUSAHAAN BUMN & PERUSAHAAN TBK
KATEGORI “TRANSFORMATION BRAND AND MARKETING IN DIGITAL ERA AWARD 2025”

  1. Best Digital Branding Transformation
    Platinum : PT Pupuk Indonesia (Persero) Gold : PT PELNI (Persero)
  2. Best Omni Channel Marketing Strategy
    Platinum : Perum BULOG
    Gold : PT Industri Telekomunikasi Indonesia (Persero)
  3. Best Sustainable Branding Initiative
    Platinum : PT Indonesia Kendaraan Terminal, Tbk
    Gold : PT PP Presisi, Tbk
  4. Best Data – Driven Marketing Strategy
    Platinum : PERURI
    Gold : PT Indonesia Kendaraan Terminal, Tbk
  5. Best Social Media & Influencer Engagement
    Platinum : PT Perkebunan Nusantara III (Persero)
    Gold : PERURI
  6. Best Customer Experience & Personalization
    Platinum : PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk
    Gold : PT Indonesia Kendaraan Terminal Tbk
  7. Best Crisis & Reputation Management
    Platinum : PT Waskita Beton Precast Tbk Gold : Perum BULOG
  8. Best ESG Branding
    Platinum : PT Bank Tabungan Negara (Persero), Tbk
    Gold : PT Elnusa, Tbk

B. KATEGORI ANAK PERUSAHAAN BUMN

  1. ANAK PERUSAHAAN BUMN

KATEGORI “BUMN BRAND STRATEGY EXCELLENCE AWARD 2025”

  1. Brand Strategy Relevance
    Platinum : PT Integrasi Aviasi Solusi (IAS)
    Gold : PT Petrokimia Gresik
  2. Brand Creative Communication & Activation
    Platinum : PT Nindya Karya
    Gold : PT Telkom Akses
  3. Brand Agility & Perception
    Platinum : PT Terminal Teluk Lamong
    Gold : Taman Mini Indonesia Indah (TMII)

ANAK PERUSAHAAN BUMN
KATEGORI “GLOBAL BRANDING & MARKETING AWARD 2025”

  1. Global Branding and Marketing Strategy
    Platinum : PT Telekomunikasi Indonesia International (Telin)
    Gold : PT Petrokimia Gresik
  2. International Recognition
    Platinum : PT Telekomunikasi Indonesia International (Telin)
    Gold : PT Berdikari Meubel Nusantara
  3. Impact on Indonesia
    Platinum : PT Petrokimia Gresik
    Gold : PT Aero Wisata

ANAK PERUSAHAAN BUMN
KATEGORI “TRANSFORMATION BRAND AND MARKETING IN DIGITAL ERA AWARD 2025”

  1. Best Digital Branding Transformation
    Platinum : PT Nindya Karya
    Gold : PT Integrasi Aviasi Solusi (IAS)
  2. Best Omni Channel Marketing Strategy
    Platinum : PT IPC Terminal Petikemas
    • Gold : PT Infomedia Nusantara
  3. Best Sustainable Branding Initiative
    Platinum : PT Permodalan Nasional Madani
    Gold : PT Integrasi Aviasi Solusi (IAS)
  4. Best Data – Driven Marketing Strategy
    Platinum : PT Infomedia Nusantara
    • Gold : PT IPC Terminal Petikemas
  5. Best Social Media & Influencer Engagement
    Platinum : PT Telkom Akses
    Gold : PT Permodalan Nasional Madani
  6. Best Customer Experience & Personalization
    Platinum : PT Pertamina Training and Consulting
    Gold : PT Terminal Teluk Lamong
  7. Best Crisis & Reputation Management
    Platinum : PT Nindya Karya
    Gold : PT Pertamina Training and Consulting
  8. Best ESG Branding
    Platinum : PT Garuda Daya Pratama Sejahtera
    Gold : PT Surabaya Industrial Estate Rungkut

C. BEST CMO

PERUSAHAAN BUMN & PERUSAHAAN TBK KATEGORI “BEST CMO BRANDING & MARKETING”

  • Creative Marketing Initiative
    Febby Novita – Direktur Bisnis Perum BULOG
  • Leadership & Teamwork
    Sugeng Mulyadi – Direktur Utama & Direktur Komersial dan Pengembangan Bisnis PT Indonesia Kendaraan Terminal, Tbk
  • Personal Communication
    Imelda Alini Pohan – Direktur Pemasaran Perum Perumnas
  • Corporate Marketing Performance
    Rudi Purnomo – Direktur Business Strategic Portofolio & Human Capital PT Waskita Karya (Persero), Tbk
  • Strategic Market Expansion
    Dicky Saelan – Sales and Marketing Director SIG (PT Semen Indonesia (Persero) Tbk)
  • Business Innovation & Portfolio Growth
    Arief Prasetyo Handoyo – Direktur Pengembangan Usaha PT Elnusa, Tbk
  • Technology Driven Commercial Strategy
    Moh. Arif Faisal – Direktur Niaga, Teknologi dan Pengembangan PT Dirgantara Indonesia
  • High Impact Operational Marketing Excellence
    Rizki Dianugrah – Direktur Utama PT PP Presisi Tbk
  • Integrated Marketing & National Agro Distribution Strategy
    PT Pupuk Indonesia (Persero)

ANAK PERUSAHAAN BUMN
KATEGORI “BEST CMO BRANDING & MARKETING”

  • Creative Marketing Initiative
    Sujito – Direktur Marketing & Sales PT Infomedia Nusantara
  • Leadership & Teamwork
    Sri Haryanto – Direktur Keuangan & Manajemen Risiko PT Nindya Karya
  • Personal Communication
    Muchdian Muchlis – Direktur Komersial PT Integrasi Aviasi Solusi (IAS)
  • Corporate Marketing Performance
    Kharisma – Chief Commercial Officer PT Telekomunikasi Indonesia International (Telin)
  • Strategic Commercial Excellence
    Yanuar Evyanto – Direktur Keuangan dan SDM juga PLT. Direktur Komersial PT IPC Terminal Petikemas
  • People & Operational Engagement Strategy
    Vicky Firmansyah – Direktur SDM & Operasi PT Garuda Daya Pratama Sejahtera
  • Business Transformation & Growth Strategy
    Djoko Srie Handono (Djosh) – Direktur Business & Strategy PT Telkom Akses
  • Market Development & Industrial Branding
    Lussi Erniawati – Direktur Pemasaran & Pengembangan PT Surabaya Industrial Estate Rungkut
  • Integrated Brand & Market Development Strategy
    Andre Andika Adhiguna – Direktur PT Berdikari Meubel Nusantara

DEWAN JURI
Dewan Juri Kehormatan : Dr. Ir. Arief Yahya, MSc (Dewan Pakar BUMN Track)
Ketua Dewan Juri : Daniel Surya (CoFounder & Executive Chairman WIR Group)

ANGGOTA DEWAN JURI:

  1. Dr. Handito Joewono (Chief Strategy Consultant Arrbey)
  2. Prof. Dr. PM. Budi Haryono (Guru Besar Universitas Kristen Krida Wacana)
  3. Final Prajnanta (CEO Multinational Pengajar Praktisi Bisnis)
  4. Dr. Sutan Banuara (Director of Brand Finance Indonesia)
  5. Dr. Hery Margono (Akademisi, Praktisi Branding & Periklanan)
  6. Dr. Agus Nurudin (Chairman BUMN Track Academy)
  7. Freddy Tulung (Pengamat Kebijakan Publik, Dewan Pakar BUMN Track)
  8. Dr. Ir. Imam Supriyadi, MM (Pengajar & Peneliti Universitas Pertahanan UNHAN Jakarta dan Dewan Pakar BUMN Track)
  9. Harris Thajeb (Pakar Periklanan & Komunikasi)
  10. Priyantono Rudito, PhD (Dewan Pakar BTA Academy)
  11. Dr. Muhammad Awaluddin (Dewan Pakar BTA Academy)
  12. Alberto Hans (Chief Operating Officer Arrbey)
  13. Ahmed Kurnia (Chairman BUMN Track)
  14. Nurjaman Mochtar (Chief Editor BUMN Track)
  15. SH. Sutarto (CEO BUMN Track)
  16. Almira Shinantya (Executive Director BBMA)

Bagikan:

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Ut elit tellus, luctus nec ullamcorper mattis, pulvinar dapibus leo.