Jakarta, Bumntrack.co.id – BUMN Track bersama BTA Academy didukung oleh DMID WIR Grup kembali menyelenggarakan BUMN Branding and Marketing Award (BBMA) ke-13 tahun 2025 sebagai bentuk apresiasi dan pengakuan terhadap upaya konkret perusahaan BUMN dalam mengoptimalkan potensi branding dan marketing perusahaan.
BBMA 2025 mengangkat tema “Brand BUMN Menuju Kedaulatan Digital dan Daya Saing Global”. Tema ini penting, mengingat kedaulatan digital kini menjadi fondasi dari kedaulatan ekonomi dan daya saing bangsa.
“BUMN Branding & Marketing Award yang diselenggarakan oleh BUMN Track hadir sebagai ajang penghargaan bergengsi bagi BUMN yang berhasil mengimplementasikan strategi branding dan pemasaran secara efektif. Memasuki tahun ke-13, penghargaan ini semakin memperkuat perannya dalam mendorong BUMN untuk terus meningkatkan reputasi dan positioning di Tingkat nasional maupun global,” ungkap CEO BUMN TRACK, SH Sutarto di Jakarta, Rabu (3/12/25).
Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas branding dan marketing, memperkuat insan-insan BUMN unggul, mengintegrasikan teknologi canggih, mendorong inovasi dan kreativitas serta memperkuat posisi global BUMN. Perusahaan dapat menggunakan branding dan marketing yang kuat sebagai alat untuk berkontribusi pada citra positif dan pertumbuhan sosial ekonomi Indonesia serta memperkuat posisi BUMN di pasar internasional.
Aspek penilaian BBMA 2025 terdiri atas empat kategori, yakni Brand Strategy Excellence, Global Branding & Marketing, Transformation brand and marketing in digital Era serta The Best CMO BUMN Branding and Marketing Award.
Sebanyak 74 perusahaan perserta yang terdiri dari BUMN, BUMN Tbk dan Anak Perusahaan BUMN, mengikuti proses penjurian BUMN Branding & Marketing Award 2025 tahun ke-13 melalui online zoom meeting. Proses penjurian berlangsung pada 10-26 November 2025.
Hasil Pemenang BUMN Branding & Marketing Award 2025 Tahun ke-13
A. KATEGORI PERUSAHAAN
- PERUSAHAAN BUMN & PERUSAHAAN TBK
KATEGORI “BUMN BRAND STRATEGY EXCELLENCE AWARD 2025”
- Brand Strategy Relevance
Platinum : PT Kereta Api Indonesia (Persero)
Gold : PT PELNI (Persero)
Silver : PT SUCOFINDO (Persero) - Brand Creative Communication & Activation
Platinum : PT Perkebunan Nusantara III (Persero)
Gold : Perum Perumnas - Brand Agility & Perception
Platinum : PT Kereta Api Indonesia (Persero)
Gold : SIG (PT Semen Indonesia (Persero) Tbk) - PERUSAHAAN BUMN & PERUSAHAAN TBK
KATEGORI “GLOBAL BRANDING & MARKETING AWARD 2025” - Global Branding and Marketing Strategy
Platinum : PT Waskita Karya (Persero), Tbk
Gold : PT Pupuk Indonesia (Persero) - International Recognition
Platinum : PT Waskita Karya (Persero), Tbk
Gold : PT Bio Farma (Persero) - Impact on Indonesia
Platinum : PT Pupuk Indonesia (Persero)
Gold : PT Dirgantara Indonesia
PERUSAHAAN BUMN & PERUSAHAAN TBK
KATEGORI “TRANSFORMATION BRAND AND MARKETING IN DIGITAL ERA AWARD 2025”
- Best Digital Branding Transformation
Platinum : PT Pupuk Indonesia (Persero) Gold : PT PELNI (Persero) - Best Omni Channel Marketing Strategy
Platinum : Perum BULOG
Gold : PT Industri Telekomunikasi Indonesia (Persero) - Best Sustainable Branding Initiative
Platinum : PT Indonesia Kendaraan Terminal, Tbk
Gold : PT PP Presisi, Tbk - Best Data – Driven Marketing Strategy
Platinum : PERURI
Gold : PT Indonesia Kendaraan Terminal, Tbk - Best Social Media & Influencer Engagement
Platinum : PT Perkebunan Nusantara III (Persero)
Gold : PERURI - Best Customer Experience & Personalization
Platinum : PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk
Gold : PT Indonesia Kendaraan Terminal Tbk - Best Crisis & Reputation Management
Platinum : PT Waskita Beton Precast Tbk Gold : Perum BULOG - Best ESG Branding
Platinum : PT Bank Tabungan Negara (Persero), Tbk
Gold : PT Elnusa, Tbk
B. KATEGORI ANAK PERUSAHAAN BUMN
- ANAK PERUSAHAAN BUMN
KATEGORI “BUMN BRAND STRATEGY EXCELLENCE AWARD 2025”
- Brand Strategy Relevance
Platinum : PT Integrasi Aviasi Solusi (IAS)
Gold : PT Petrokimia Gresik - Brand Creative Communication & Activation
Platinum : PT Nindya Karya
Gold : PT Telkom Akses - Brand Agility & Perception
Platinum : PT Terminal Teluk Lamong
Gold : Taman Mini Indonesia Indah (TMII)
ANAK PERUSAHAAN BUMN
KATEGORI “GLOBAL BRANDING & MARKETING AWARD 2025”
- Global Branding and Marketing Strategy
Platinum : PT Telekomunikasi Indonesia International (Telin)
Gold : PT Petrokimia Gresik - International Recognition
Platinum : PT Telekomunikasi Indonesia International (Telin)
Gold : PT Berdikari Meubel Nusantara - Impact on Indonesia
Platinum : PT Petrokimia Gresik
Gold : PT Aero Wisata
ANAK PERUSAHAAN BUMN
KATEGORI “TRANSFORMATION BRAND AND MARKETING IN DIGITAL ERA AWARD 2025”
- Best Digital Branding Transformation
Platinum : PT Nindya Karya
Gold : PT Integrasi Aviasi Solusi (IAS) - Best Omni Channel Marketing Strategy
Platinum : PT IPC Terminal Petikemas- Gold : PT Infomedia Nusantara
- Best Sustainable Branding Initiative
Platinum : PT Permodalan Nasional Madani
Gold : PT Integrasi Aviasi Solusi (IAS) - Best Data – Driven Marketing Strategy
Platinum : PT Infomedia Nusantara- Gold : PT IPC Terminal Petikemas
- Best Social Media & Influencer Engagement
Platinum : PT Telkom Akses
Gold : PT Permodalan Nasional Madani - Best Customer Experience & Personalization
Platinum : PT Pertamina Training and Consulting
Gold : PT Terminal Teluk Lamong - Best Crisis & Reputation Management
Platinum : PT Nindya Karya
Gold : PT Pertamina Training and Consulting - Best ESG Branding
Platinum : PT Garuda Daya Pratama Sejahtera
Gold : PT Surabaya Industrial Estate Rungkut
C. BEST CMO
PERUSAHAAN BUMN & PERUSAHAAN TBK KATEGORI “BEST CMO BRANDING & MARKETING”
- Creative Marketing Initiative
Febby Novita – Direktur Bisnis Perum BULOG - Leadership & Teamwork
Sugeng Mulyadi – Direktur Utama & Direktur Komersial dan Pengembangan Bisnis PT Indonesia Kendaraan Terminal, Tbk - Personal Communication
Imelda Alini Pohan – Direktur Pemasaran Perum Perumnas - Corporate Marketing Performance
Rudi Purnomo – Direktur Business Strategic Portofolio & Human Capital PT Waskita Karya (Persero), Tbk - Strategic Market Expansion
Dicky Saelan – Sales and Marketing Director SIG (PT Semen Indonesia (Persero) Tbk) - Business Innovation & Portfolio Growth
Arief Prasetyo Handoyo – Direktur Pengembangan Usaha PT Elnusa, Tbk - Technology Driven Commercial Strategy
Moh. Arif Faisal – Direktur Niaga, Teknologi dan Pengembangan PT Dirgantara Indonesia - High Impact Operational Marketing Excellence
Rizki Dianugrah – Direktur Utama PT PP Presisi Tbk - Integrated Marketing & National Agro Distribution Strategy
PT Pupuk Indonesia (Persero)
ANAK PERUSAHAAN BUMN
KATEGORI “BEST CMO BRANDING & MARKETING”
- Creative Marketing Initiative
Sujito – Direktur Marketing & Sales PT Infomedia Nusantara - Leadership & Teamwork
Sri Haryanto – Direktur Keuangan & Manajemen Risiko PT Nindya Karya - Personal Communication
Muchdian Muchlis – Direktur Komersial PT Integrasi Aviasi Solusi (IAS) - Corporate Marketing Performance
Kharisma – Chief Commercial Officer PT Telekomunikasi Indonesia International (Telin) - Strategic Commercial Excellence
Yanuar Evyanto – Direktur Keuangan dan SDM juga PLT. Direktur Komersial PT IPC Terminal Petikemas - People & Operational Engagement Strategy
Vicky Firmansyah – Direktur SDM & Operasi PT Garuda Daya Pratama Sejahtera - Business Transformation & Growth Strategy
Djoko Srie Handono (Djosh) – Direktur Business & Strategy PT Telkom Akses - Market Development & Industrial Branding
Lussi Erniawati – Direktur Pemasaran & Pengembangan PT Surabaya Industrial Estate Rungkut - Integrated Brand & Market Development Strategy
Andre Andika Adhiguna – Direktur PT Berdikari Meubel Nusantara
DEWAN JURI
Dewan Juri Kehormatan : Dr. Ir. Arief Yahya, MSc (Dewan Pakar BUMN Track)
Ketua Dewan Juri : Daniel Surya (CoFounder & Executive Chairman WIR Group)
ANGGOTA DEWAN JURI:
- Dr. Handito Joewono (Chief Strategy Consultant Arrbey)
- Prof. Dr. PM. Budi Haryono (Guru Besar Universitas Kristen Krida Wacana)
- Final Prajnanta (CEO Multinational Pengajar Praktisi Bisnis)
- Dr. Sutan Banuara (Director of Brand Finance Indonesia)
- Dr. Hery Margono (Akademisi, Praktisi Branding & Periklanan)
- Dr. Agus Nurudin (Chairman BUMN Track Academy)
- Freddy Tulung (Pengamat Kebijakan Publik, Dewan Pakar BUMN Track)
- Dr. Ir. Imam Supriyadi, MM (Pengajar & Peneliti Universitas Pertahanan UNHAN Jakarta dan Dewan Pakar BUMN Track)
- Harris Thajeb (Pakar Periklanan & Komunikasi)
- Priyantono Rudito, PhD (Dewan Pakar BTA Academy)
- Dr. Muhammad Awaluddin (Dewan Pakar BTA Academy)
- Alberto Hans (Chief Operating Officer Arrbey)
- Ahmed Kurnia (Chairman BUMN Track)
- Nurjaman Mochtar (Chief Editor BUMN Track)
- SH. Sutarto (CEO BUMN Track)
- Almira Shinantya (Executive Director BBMA)








