BERITA

KBI dan Bank Mandiri Kerjasama Penerbitan Bank Garansi Perdagangan Timah

PT Kliring Berjangka Indonesia (Persero) atau PT KBI, melakukan penandatanganan perjanjian kerja sama dengan PT Bank Mandiri (Persero) Tbk terkait penerbitan Bank Garansi pada Perdagangan Timah Murni Batangan, di PT Bursa Berjangka Jakarta (BBJ). Penandatanganan kerjasama ini merupakan bentuk tindak lanjut strategis dalam rangka mengoptimalkan peran pihak perbankan dan lembaga keuangan dalam kegiatan perdagangan timah murni batangan di BBJ.

“Kerjasama ini tetap memperhatikan prinsip-prinsip Good Corporate Governance (GCG) agar senantiasa dapat meningkatkan nilai tambah bagi PT KBI dan juga Bank Mandiri serta bagi seluruh stakeholder yang terlibat,” kata Direktur Utama PT KBI, Fajar Wibhiyadi di Jakarta, Rabu (4/9).

Selain itu, dengan perjanjian kerjasama ini diharapkan nantinya akan menambah kemudahan bagi para pelaku untuk bertransaksi timah murni batangan di BBJ. Bank Garansi saat ini akan menjadi salah satu pilihan instrument penjaminan transaksi oleh pelaku usaha terutama pihak pembeli untuk dapat bertransaksi di BBJ.

“Tujuan lain dari penerbitan Bank Garansi ini adalah meningkatkan efisiensi dan keamanan dalam proses perdagangan di BBJ terutama dalam hal transaksi pembayaran. Nilai tambah lainnya yang dapat diterima oleh pelaku usaha adalah dengan adanya Bank Garansi diharapkan dapat meningkatkan volume transaksi timah di BBJ,” terangnya.

Dengan sinergi BUMN ini juga diharapkan dapat menjadi nilai tambah tersendiri bagi kemajuan perekonomian dan perdagangan nasional. Terutama semangat mewujudkan pasar timah di Indonesia menjadi referensi harga dunia, karena saat ini Indonesia sebagai penyumbang kurang lebih 23 persen market timah di dunia.

Show More

Artikel Terkait

Back to top button
Close