BERITA

Kebut RDMP Balikpapan, Pertamina Targetkan Phase 1 Rampung 2023

Jakarta, Bumntrack.co.id – Dalam rangka mewujudkan kemandirian energi, PT Pertamina (Persero) melalui PT Kilang Pertamina Internasional terus mengerjakan Proyek Kilang Minyak dan Petrokimia, salah satunya yang berlokasi Balikpapan, yaitu RDMP Balikpapan Phase 1 yang ditargetkan rampung pada 2023. Proyek tersebut juga dapat menekan defisit neraca perdagangan atau Current Account Deficit (CAD), dengan menurunkan impor produk BBM dan Petrokimia secara signifikan.

“Proyek dengan nilai investasi lebih dari USD6.5 milyar mampu meningkatkan pengolahan minyak mentah dari sebelumnya 260 ribu barrel per hari menjadi 360 ribu barrel per hari, serta meningkatkan kualitas produk yang dihasilkan setara EURO V,” kata Direktur Utama PT Kilang Pertamina Internasional – Ignatius Tallulembang dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Rabu (2/12).

Menurutnya, proyek RDMP Balikpapan termasuk di area Lawe-Lawe saat ini telah mencapai progress overall fisik sebesar 23.35% (per 19 November 2020). Pihaknya akan terus mengawal milestone – milestone penting di lapangan sehingga dapat memastikan proyek ini dapat selesai sesuai dengan target yang ditetapkan. Beberapa milestone penting yang sudah terselesaikan di Tahun 2020 ini diantaranya adalah Operational Acceptance New Acid Flare, Operational Acceptance New Jetty Sulfur, Material on Site & Erection Gas Turbine Generator, Material on Site Boiler Package, dan Material on Site Module Heat Recovery Steam Generator (HRSG).

Selain itu, hingga akhir Tahun ini akan ada milestone penting lainnya yakni Mechanical Completion (MC) Workshop & Warehouse, MC Gedung Laboratorium, serta Mechanical Tank Installation RFCC Tank.

“Capaian Milestone penting ini menjadi serangkaian Kado Ulang Tahun dari RDMP Balikpapan untuk Pertamina yang ke-63” tutupnya.

Show More

Artikel Terkait

Back to top button