Klik Banner Workshop BUMN Series
BERITA

Kesiapan AP2 Layani Keberangkatan Calon Jemaah Haji 2024

Jakarta, BUMN TRACK – Pada 12 Mei 2024 dini hari, Bandara Soekarno-Hatta melayani keberangkatan Kloter Pertama Jemaah Haji Indonesia Embarkasi Jakarta Pondok Gede (JKG 01). Setelah itu, Kloter Embarkasi Jakarta Pondok Gede (JKG 02) / Embarkasi Jakarta Bekasi (JKS 02) dijadwalkan berangkat dari Bandara Soekarno-Hatta pada 12 Mei sekitar pukul 04.25 WIB.

Berbagai persiapan sudah dilakukan bersama seluruh stakeholder sehingga diharapkan seluruh keberangkatan penerbangan haji di bandara-bandara AP II, yang dimulai pada dini hari nanti, berjalan dengan lancar.

“Keberangkatan perdana jemaah haji di Bandara Soekarno-Hatta dilakukan dini hari nanti yakni jemaah haji Kloter Embarkasi JKG 01 dan JKG 02 / JK2 02. Penerbangan dini hari nanti ini sekaligus menandakan dimulainya periode keberangkatan penerbangan haji 12 Mei – 10 Juni 2024 di bandara-bandara AP II,” kata Pgs. SVP of Corporate Secretary AP II Cin Asmoro di Jakarta, Minggu (12/5/24).

AP II selaku operator bandara telah berkoordinasi dengan seluruh stakeholder untuk memastikan kelancaran penerbangan haji. Kami juga memohon dukungan masyarakat agar bandara-bandara AP II dapat dengan baik dalam memberikan pelayanan kepada para jemaah haji.

Di Bandara Soekarno-Hatta, jemaah haji dalam memproses perjalanan dapat melalui fasilitas 12 konter fast track keimigrasian Arab Saudi (Makkah Route) yang disiapkan di Terminal 2D. Melalui Makkah Route, Para jemaah haji dapat melakukan pendaftaran dan verifikasi dokumen secara terpusat di Bandara Soekarno-Hatta, sehingga hal tersebut akan membantu dan mengurangi waktu yang diperlukan untuk proses administrasi jemaah haji.

Berbagai sarana fasilitas lainnya juga telah ditambahkan, seperti kursi pada ruang tunggu, penyediaan tempat ibadah (mushola), hingga penambahan toilet portable. Dalam melayani pelaksanaan haji tahun 2024, Bandara Soekarno-Hatta akan mengerahkan total 3.296 personel guna kelancaran operasional selama keberangkatan dan kepulangan jemaah haji.

Total, Bandara Soekarno-Hatta menjadi tempat keberangkatan bagi 53.621 calon jemaah haji yang tergabung di dalam 128 kloter dari DKI Jakarta, Banten, Lampung dan Jabar di Embarkasi Asrama Haji Pondok Gede dan Bekasi.

Adapun di samping Bandara Soekarno-Hatta, bandara AP II lainnya yang melayani keberangkatan calon jemaah haji adalah Bandara Minangkabau (Padang) dengan 17 kloter), Bandara Sultan Iskandar Muda (Aceh) sebanyak 12 kloter, Bandara Kualanamu (Deli Serdang) sebanyak 25 kloter, Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II (Palembang) dengan 19 kloter dan Bandara Kertajati (Majalengka) dengan 30 kloter.

Seluruh fasilitas di bandara yang melayani penerbangan haji dipastikan siap dalam melayani calon jemaah haji.

“Seluruh fasilitas operasional dan pelayanan bandara dipastikan siap untuk mendukung keberangkatan calon jemaah haji ke tanah suci. Koordinasi erat terus dilakukan dengan seluruh stakeholder,” ujar Cin Asmoro

Artikel Terkait

Back to top button