BERITA

Ketersediaan Lahan Parkir Pesawat di 15 Bandara Angkasa Pura I

Ilustrasi parkir pesawat di bandara

Jakarta, Bumntrack.co.id – Kebijakan Pemerintah untuk melakukan physical distancing dan pelarangan masuk sementara bagi warga negara asing berdampak menurunnya trafik penerbangan. Hal ini mengakibatkan tidak terbangnya armada maskapai sehingga terdapat kebutuhan untuk parkir pesawat dalam waktu panjang. Terkait hal tersebut, Angkasa Pura I menginformasikan kapasitas dan ketersediaan parkir pesawat dalam jangka waktu panjang (longstay) di 15 bandaranya.

“Di Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali, yang memiliki kapasitas 57 parking stand, tidak tersedia lagi slot parking stand. Hal ini disebabkan parking stand yang didedikasikan untuk mengakomodir pesawat evakuasi dari Eropa, Afrika Selatan, dan Australia. Selain itu, 2 parking stand didedikasikan untuk pesawat bantuan rapid test, APD, dan lainnya,” kata Direktur Utama Angkasa Pura I, Faik Fahmi dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Senin (13/4).

Selanjutnya, Bandara Juanda Surabaya yang memiliki kapasitas 57 parking stand masih tersedia parking stand untuk 11 pesawat narrow body dan 2 pesawat wide body. Di Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan, yang memiliki kapasitas 50 parking stand, tersedia parking stand untuk 2 pesawat wide body, 4 pesawat narrow body, dan pesawat small body

Di Bandara Sultan Hasanuddin Makassar, yang memiliki kapasitas 37 parking stand, tidak tersedia parking stand lagi untuk parkir longstay. Di Bandara Internasional Yogyakarta (YIA), yang memiliki kapasitas 17 parking stand, masih tersedia parking stand untuk 2 pesawat wide body dan 6 pesawat narrow body.

Di Bandara Adisutjipto Yogyakarta, yang memiliki kapasitas 11 parking stand, masih tersedia parking stand untuk 5 pesawat narrow body. Di Bandara Jenderal Ahmad Yani Semarang, yang memiliki kapasitas 12 parking stand, masih tersedia parking stand untuk 2 pesawat narrow body.

Di Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin, yang memiliki kapasitas 20 parking stand, masih tersedia parking stand untuk 7 pesawat narrow body dan 7 pesawat small body. Di Bandara Sam Ratulangi Manado, yang memiliki kapasitas 22 parking stand, masih tersedia parking stand untuk 4 pesawat narrow body dan 2 pesawat small body

Di Bandara Lombok Praya, yang memiliki kapasitas 14 parking stand, masih tersedia parking stand untuk 9 pesawat narrow body. Bandara Adi Soemarmo Solo yang memiliki kapasitas 15 parking stand, masih tersedia parking stand untuk 4 pesawat wide body atau 7 pesawat narrow body. Bandara El Tari Kupang yang memiliki kapasitas 17 parking stand, masih tersedia parking stand untuk 3 pesawat small body.

Di Bandara Pattumra Ambon, yang memiliki kapasitas 10 parking stand, masih tersedia parking stand untuk 1 pesawat narrow body. Bandara Frans Kaisiepo Biak yang memiliki kapasitas 9 parking stand, masih tersedia parking stand untuk 3 pesawat narrow body dan 2 pesawat small body. Bandara Sentani Jayapura yang memiliki kapasitas 38 parking stand, masih tersedia parking stand untuk 1 pesawat narrow body.

Show More

Artikel Terkait

Back to top button