Klik Banner Workshop BUMN Series
BERITACSR

Kolaborasi BUMN, Pertamina Tingkatkan Kualitas Sanitasi Komunal Warga Kelurahan Rawa Barat

Bumntrack.co.id. Jakarta – Pertamina bersama dengan BUMN lain yang tergabung dalam Forum TJSL Kementerian BUMN berkolaborasi untuk memberikan bantuan sanitasi berupa septic tank komunal kepada warga Kelurahan Rawa Barat, Jakarta Selatan. Septic tank ini sudah selesai pembuatannya dan secara simbolis diserahterimakan kepada perwakilan warga.

“Ini merupakan kolaborasi dari 4 BUMN untuk menjalankan program pilar lingkungan. BUMN yang berkolaborasi adalah Pertamina, Mind ID, PLN, dan Biofarma. Pemda setempat juga menyambut baik dengan memberikan informasi lokasi warga yang membutuhkan septic tank komunal tersebut. Hal ini tentu akan mengurangi pencemaran lingkungan dan meminimalisasi pembuangan kotoran yang langsung ke sungai. Kami berharap bantuan ini bisa dimanfaatkan sekaligus meningkatkan kualitas hidup masyarakat,” kata Direktur Eksekutif Forum TJSL BUMN I, Gede Arimbawa Yasa dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Kamis (27/4/23).

Ketua RT02 RW 02, Malik mengucapkan terima kasih kepada seluruh BUMN yang terlibat untuk pembangunan septic tank komunal ini. “Penerima manfaat ada 6 bangunan, yang terdiri dari 9 KK dan 25 jiwa. Kami harap menjadi contoh bagi yang lain sehingga bisa memotivasi warga untuk menerapkan pola hidup bersih dan sehat dalam keseharian,” ujar Malik.

Vice President CSR dan SMEPP Management Pertamina, Fajriyah Usman menyebutkan, program ini merupakan salah satu dari beberapa program dari pilar lingkungan forum TJSL. Pertamina juga akan mengadakan kegiatan lainnya seperti sanitasi di beberapa wilayah di Indonesia, program keanekaragaman hayati penanaman pohon, konservasi fauna, serta program pengembangan kawasan pesisir berupa desa wisata.

“Kegiatan ini secara konsisten kami jalankan di forum TJSL khususnya pilar lingkungan dan bertujuan untuk memastikan adanya keberlanjutan dan pelibatan dari masyarakat. Semoga apa yang kami jalankan dapat bermanfaat bagi masyarakat Indonesia,” tambahnya.

Melalui implementasi program-program berbasis ESG (Environmental, Social, and Governance) di seluruh wilayah operasional, Pertamina senantiasa mendukung pencapaian Sustainable Development Goals(SDGs), khususnya poin 6 yaitu air bersih & sanitasi layak dengan memastikan masyarakat mencapai akses air bersih dan sanitasi, dan poin 15 yaitu perlindungan, restorasi, dan peningkatan ekosistem yang berkelanjutan.

Artikel Terkait

Back to top button