BERITA

Lensa Telefoto Medium Canon RF 135mm f/1.8L IS USM, Bokehnya Jozz…

Bumntrack.co.id. Jakarta – Bersamaan EOS R6 Mark II di Indonesia, Canon melalui PT Datascrip sebagai distributor tunggal produk pencitraan digital Canon di Indonesia, menghadirkan lensa telefoto medium terbaru yaitu RF 135mm f/1.8L IS USM dan Canon Speedlite EL-5 untuk mendukung aktivitas memotret, cocok untuk profesional maupun pemula yang ingin mengabadikan momen dengan kualitas gambar tinggi dan tajam di berbagai situasi.

“Memotret menggunakan lensa RF 135mm f/1.8L IS USM mampu menghasilkan kepuasan maksimal dari ketajaman dan efek bokeh dari lensa bukaan besar ini,” kata Syailendra Kamdani – Head of Marketing Division Canon Business Unit PT Datascrip di Jakarta, Kamis (15/12/22).

Untuk kebutuhan pengambilan gambar portrait, lensa telefoto medium (85mm hingga 135mm) memberikan perspektif dan dimensi yang jauh lebih dekat dengan persepsi manusia, dibanding lensa 50mm. Dengan focal length yang lebih panjang dari lensa 85mm, lensa 135mm dapat menghasilkan depth of field (DOF) atau BOKEH yang lebih dangkal yang indah, serta dimensi yang sama dengan apa yang dilihat mata.

Dibandingkan dengan lensa EF Canon dengan focal length serupa. Lensa ini juga memiliki Auto Focus (AF) yang digerakkan oleh teknologi Nano USM yang cepat dan senyap serta teknologi Image Stabilizer (IS) untuk hasil gambar yang lebih stabil.

Dengan bukaan aperture f/1.8, pengguna dapat memotret dengan detail yang tajam dari subjek yang dibidik, seperti membekukan gerakan subjek bahkan dalam kondisi minim cahaya atau di ruangan gelap. Membuat lensa ini cocok tidak hanya untuk portrait tetapi olahraga dalam ruangan dan pengaturan lain yang dibutuhkan pengguna saat menggunakan shutter speed yang tinggi.

Demi mencapai kualitas gambar yang berkualitas, Canon menggunakan teknologi ASC (Air Sphere Coating) pada lensa ini yang secara signifikan mampu mengurangi flare dan ghosting yang sangat efektif pada saat kondisi pengambilan gambar yang berhadapan dengan cahaya.

Saat dipasangkan dengan kamera pada sistem EOS R yang tidak memiliki IS dalam bodi, stabilitas gambar mampu hingga 5 stop sesuai standar Camera and Imaging Products Association (CIPA). Sedangkan jika dipasangkan dengan kamera pada sistem EOS R yang memiliki IS (EOS R3, R5, R6, R6 Mark II dan R7) dapat mencapai hingga 8 stop. Sangat berguna saat melakukan pemotretan hand held di kondisi minim cahaya, tanpa tripod.

Lensa ini terdiri dari 17 elemen lensa dan terdiri dalam 12 grup. Termasuk, tiga elemen lensa Ultra-Low Dispersion (UD) yang berfungsi untuk meminimalisir blur dan pantulan cahaya. Sebagai lensa seri L, RF 135mm f/1.8L IS USM menghadirkan optik kelas profesional.

Untuk fungsi kontrol yang lebih cepat, terdapat dua tombol fungsi baru pada bodi lensa yang dapat dikustomisasi sesuai kebutuhan pengguna, seperti pengaturan AF ataupun eksposur. Memungkinkan respon yang lebih cepat terhadap berbagai perubahan kondisi saat memotret atau merekam video.
Jika lensa ini dipasangkan dengan EOS R6 Mark II pengguna juga bisa menikmati dukungan dari fitur focus breathing correction yang berfungsi saat terjadinya perubahan sudut pandang subjek yang bergerak. Memungkinkan pengguna untuk merekam video dengan nyaman bahkan jika terjadi perubahan fokus pada latar dari depan ke belakang atau sebaliknya. Menjadikan lensa ini sebagai pilihan ideal untuk kebutuhan produksi video.

Dari segi daya tahan, lensa ini dirancang tahan terhadap guncangan dan getaran. Lapisan fluorine pada elemen lensa paling depan juga membuat lensa ini tahan debu dan tetesan air, sehingga memastikan performa lensa terbaik bahkan dalam kondisi pengambilan gambar di cuaca ekstrem dan lebih mudah dibersihkan jika terkena debu atau kotoran.

Lensa RF 135mm f/1.8L IS USM dibanderol dengan harga Rp45.300.000 (belum termasuk ppn), tertarik?

Artikel Terkait

Back to top button