LIFESTYLE

Menantang Nyali di Liukan Arus Caringin

Berjarak sekitar 26 km dari Kota Bogor, Kabupaten Caringin memiliki cukup banyak alternatif wisata alam. Salah satunya adalah wisata arung jeram, yang mengaduk adrenalin pengunjung dengan segudang keceriaan.

Desember memiliki kesan tersendiri di antara bulan-bulan lainnya. Memasuki Desember, artinya kita bersiap menyambut libur panjang pergantian tahun. Seraya menghitung hari menyambut moment yang ditunggu-tunggu tersebut, sudahkan anda menyiapkan rencana liburan yang berkesan? Berbagai destinasi wisata nusantara tentu banyak diserbu pelancong. Sebagian darinya memilih berlibur ke luar negeri.

Bagi anda yang tak ingin sibuk menyiapkan koper-koper dan berburu tiket pesawat maupun kereta api, mungkin liburan yang satu ini bisa dijadikan alternatif. Ya, memacu adrenalin di wahana arung jeram alami patut dicoba.

Adalalah Kecamatan Caringin, yang merupakan salah satu kecamatan yang berjarak kurang lebih 26 kilometer (km) dari Kota Bogor, Jawa Barat, memiliki cukup banyak potensi wisata alam. Salah satunya adalah wisata arung jeram atau biasa disebut dengan istilah rafting.

Arung jeram ini sendiri dilakukan di sepanjang kali Cisadane, sebuah sungai asli yang berasal dari mata air gunung Pangrango. Lokasi tersebut banyak dimanfaatkan sebagai lokasi wisata sekaligus olahraga, khususnya bagi mereka pecinta dunia adventure.

Untuk merasakan sensasi berwisata rafting di Caringin, pengunjung bisa menjajal jasa Alamanda rafting yang merupakan pelopor wisata rafting di Kecamatan Caringin. Tidak hanya menyediakan wisata rafting, Alamanda juga menyediakan beberapa permainan seperti pointball dan flying fox. Namun, wisata rafting lah yang paling banyak diminati oleh masyarakat.

Turis lokal seringkali berkunjung setiap sabtu-minggu, sedangkan turis asing akan berkunjung di hari kerja, alias senin hingga jumat. Pengunjung bisa menjajal dua rute arung jeram, ada yang berjarak 7 km, ada pula yang sejauh 11 km. Satu kali melakukan wisata arung jeram, wisatawan akan mengarungi sungai selama kurang lebih satu sampai dua jam. Untuk jarak 7 km di mulai dari Caringin, sedangkan jarak 11 km di mulai di Desa Muara. Kedua penjelajahan tersebut akan berakhir di Ciherang Pondok.

Pengalaman mengarungi sungai Cisadane dengan tantangan yang sangat mengejutkan saat berada di dalam air menggelorakan kenangan tersendiri. Bergelimang air yang sejuk sembari menari di atas liukan-liukan ombai sungai, menjadikan aktivitas rafting di Caringin bisa dijadikan alternatif berlibur bagi mereka yang cinta akan petualangan namun enggan berlibur dengan jarak yang terlalu jauh dari Ibu Kota.

Show More

Artikel Terkait

Back to top button
Close