BERITA

Miliki Solusi Digital yang Lengkap, BGR Logistics Siap Jadi Lead Logistik di Indonesia

Jakarta, Bumntrack.co.id – Sebagai salah satu rangkaian kegiatan dalam memperingati HUT ke-44, PT Bhanda Ghara Reksa (Persero) atau BGR Logistics menggelar ngopi bareng Media sebagai upaya mempererat komunikasi yang telah terjalin. Mengangkat topik Peran Industri Logistik tahun 2021 sebagai indikator pemulihan perekonomian Indonesia di tengah pandemi covid 19, Jajaran Direksi BGR Logistics dan Agus Pambagio selaku pemerhati kebijakan publik mengajak media untuk membahas hal tersebut dengan obrolan santai di kantor pusat BGR Logistics dengan tetap menerapkan protokol covid-19.

“Transformasi BGR Logistics sudah dilakukan sejak akhir 2018. Mulai dari transformasi budaya, repositioning, rebrandring serta bertransformasi menjadi Beyond Digital Logistics Company. Sejak bergabungnya BGR Logistics sebagai bagian dari Holding BUMN Klaster Pangan, peran kami menjadi sangan penting dalam Klaster tersebut. BGR Logistics sebagai penghubung antara Hulu atau Produsen kepada Hilir atau masyarakat. Sebagai Perusahaan logistik digital, kami memberikan satu solusi layanan logistik terpadu berbasis IT yang dapat menekan biaya logistik yang selama ini kita semua sama-sama tau masih menjadi isu publik yang diperbincangkan,” kata Direktur Utama BGR Logistics, M. Kuncoro Wibowo di Jakarta, Selasa (30/3).

Dengan bertransformasi menjadi Beyond Digital Logistics Company, pihaknya berharap dapat membantu Pemerintah dalam menyediakan layanan jasa logistik terpadu yang efisien di Indonesia. Hal ini dapat diwujudkan karena seluruh proses bisnis yang kami jalankan sudah terintegrasi berbasis IT yang dapat termonotor secara real time di command center yang dimiliki.

“Peran logistik di Indonesia sangatkah penting, oleh karena itu tidak hanya logistik secara B to B saja yang kami layani, sekarang kami juga memiliki aplikasi Warung Pangan sebagai wujud inisiasi dari Kementerian Koperasi & UKM dan Kementerian BUMN untuk membantu para UMKM atau pemilik usaha warung di Indonesia untuk dapat mendapatkan stok bahan pangan dengan harga stabil. Bersama dengan BUMN Klaster Pangan, kami mempertemukan para UMKM langsung dengan pemimlik bahan pangan atau produsen, dengan memotong rantai ini harapan nya adalah bahan pangan yang didapatkan oleh UMKM dengan harga stabil dengan cara aman melalui aplikasi Warung Pangan,” jelasnya.

Direktur Pengembangan Usaha & Sistem Informasi BGR Logistics, Tri Wahyundo Hariyatno menjelaskan secara detai terkait pengembangan usaha BGR Logistics yang selama ini sudah dijalankan, diimplementasikan serta yang akan dijallanka. Tentunya dengan tujuan yang sama, yaitu memberikan solusi logistik digital terpadu dengan menyasar ke efisiensi yang diharapkan oleh stakeholders dan Pemerintah.

“National Comodity Data Center (NCDC) sebagai Big Data yang dapat kami buat untuk membantu Pemerintah dalam mengetahu, melacak, dan mengetahui komoditas-komoditas pangan maupun non pangan di Indonesia sehingga dapat dijadikan acuan Pemerintah untuk mengambil kebijakan ataupun langkah-langkah strategis untuk ke depannya,” jelasnya.

Pihaknya juga mengajak peserta melihat secara langsung command center BGR Logistics untuk mengetahui berjalannya monitoring bisnis yang dijalankan BGR Logistics secara langsung. Serta mengajak melilhat WP Mart 0001 yang sudah dilaunching beberapa waktu yang lalu.

Direktur Keuangan & SDM BGR Logistics, Irma Setyowati menyampaikan bahwa Perusahaan telah melakukan program-program dan sistem financing, sistem pengelolaan SDM yang dijalankan BGR Logistics untuk mendukung perkembangan bisnis Perusahaan agar dapat terus menunjukan trend serta kontribusi positif kepada Pemerintah.

“Pendemi Covid-19 ini memukul hampir disemua sektor usaha dan jasa tidak terkecuali sektor logistik. Banyak pemilik barang yang wait and see terkait kondisi ini. Dengan transformasi ini, BGR Logistics menyediakan layanan jasa logitik digital yang berbeda dengan Perusahaan Logistik lainnya di Indonesia, harapannya adalah kami dapat memberikan layanan jasa yang melebihi ekspektasi Pelanggan,” jelas Direktur Komersial BGR Logistics, Budi Susanto.

Agus Pambagio selaku Pemerhati Kebijakan Publik menyampaikan bahwa peran Perusahaan Logistik seperti BGR Logistics ini sangat penting bagi Pemerintah. “Saya apresiasi BGR Logistics sebagai BUMN Logistik di Indonesia bertransformasi serta mampu menyediakan layanan logistik digital terpadu seperti yang saat ini dijalani,” terangnya.

Pada era digitalisasi saat ini peran sistem informasi sudah menjadi hal yang krusial untuk di implementasikan untuk mendukung bisnis, harapannya adalah dapat menekan angka atau cost logistik di Indonesia agar dapat efisien dan mampu bersaing dengan Negara – Negara lainnya.

“Harapannya, BGR Logistics dapat menjadi Lead Logistics di Indonesia, karena semua sistem layanan jasa sudah berbasis IT dan terintegrasi satu sama lain. Sehingga biaya logistik dapat ditekan. Sudah seharusnya Pemerintah mengapresiasi dan mendukung langkah-langkah serta upaya BGR Logistics ini dan memberikan dukungan penuh untuk menjadikan biaya logistik yang efisien di Indonesia serta mampu bersaing dengan Negara-Negara tetangga,” tutupnya.

Show More

Artikel Terkait

Back to top button