BERITA

Pegadaian Gandeng Plustik Daur Ulang 1 Ton Sampah Plastik

Bumntrack.co.id. Jakarta – Sebagai rangkaian acara Konser Lokananta 2023, PT Pegadaian bersama bank sampah Kitiran Emas menyerahkan 1 ton sampah plastik untuk diolah kembali menjadi benda yang mempunyai nilai guna. Kegiatan tersebut melibatkan puluhan Milenial BUMN termasuk Milenial Pegadaian yang berkolaborasi dengan startup Plustik. Tim bersih-bersih mengumpulkan hingga 1 Ton sampah. Sampah tersebut diserahkan secara simbolis tim Plustik kepada Pegadaian Area Surakarta untuk dikelola oleh Bank Sampah Kitiran Emas Binaan Pegadaian di Kota Solo.

“Terima kasih kepada Plustik dan para Milenial BUMN yang mau bekerja keras menjadi relawan mengumpulkan sampah di area Konser Lokananta 2023 selama 2 (dua) hari. Gerakan ini menjadi penting karena dapat memotivasi anak-anak muda untuk peduli terhadap lingkungan, tidak membuang sampah sembarangan,” kata Deputi bisnis Pegadaian Area surakarta, Suwarno dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Selasa (6/6/23).

Founder Startup Plustik, Reza Hasfinanda berharap kegiatan pengumpulan dan daur ulang sampah dapat terus dilakukan agar masyarakat semakin aware terhadap lingkungan khususnya pada pengelolaan sampah seperti sampah plastik rendah nilai. “Kami berharap sampah high value yang berhasil dikumpulkan dan diberikan kepada bank sampah Pegadaian bisa dimanfaatkan menjadi seseuatu hal yang bernilai,” ujar Reza.

Sebagai apresiasi kepada 5 orang penonton konser yang ikut berpartisipasi mengumpulkan sampah terbanyak di area konser, Pegadaian memberikan hadiah berupa Tabungan Emas masing-masing Rp250 ribu.

Untuk diketahui, sebelumnya Kementerian BUMN juga melakukan aksi serupa dengan melibatkan para Milenial BUMN yang digelar di Labuan Bajo. Hal itu dilakukan untuk memicu kesadaran generasi muda akan pentingnya menjaga lingkungan. Hal ini sejalan dengan komitmen BUMN untuk mengedepankan pembangunan berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDG’s) dalam memberikan manfaat nyata bagi lingkungan.

Artikel Terkait

Back to top button