BERITA

PT PAL-Thorcon Kerjasama Bangun Pembangkit Listrik Bertenaga Thorium

PT PAL bersama Thorcon International Pte, Ltd menjalin kerjasama terkait pengembangan dan konstruksi reaktor desain Thorcon hingga dapat difabrikasi oleh PT PAL. Kerjasama PT PAL Indonesia (Persero) dan Thorcon International menjadi awal dari terbangunnya industri nuklir nasional sesuai dengan amanat PP 14 tahun 2015 tentang Rencana Induk Industri Nasional.

“Thorcon datang ke PT PAL bukan untuk berjualan, bukan kontraktor yang butuh investor dan menggandeng PT PAL. Mereka men-declare bahwa Thorcon investor yang membutuhkan partner di Indonesia dengan main partner adalah Daewoo Shipyard & Marine Engineering (DSME),” kata Direktur Rekasaya Umum, Pemeliharaan dan Perbaikan PT PAL, Sutrisno di Jakarta, Rabu (17/7).

Kerjasama Thorcon-PT PAL dimulai dari Test Bed Platform dengan nilai investasi mencapai satu triliun rupiah. Kerjasama tersebut akan terus berkembang sesuai dengan izin yang diberikan pemerintah. Pasalnya, kesempatan pembangkit listrik untuk berkembang cukup besar karena Indonesia sangat luas dengan demand yang sangat tinggi. Thorcon International Pte, Ltd. merupakan calon Independent Power Producer (IPP) yang telah menyatakan keseriusan kepada pemerintah ingin melakukan investasi sebesar USD1,2 ,miliar atau sekitar Rp17 Triliun untuk membangun PLTT di Indonesia. Thorcon mengembangkan Thorium Molten Salt Reactor 500MW (TMSR500) Power Plant yang di kenal sebagai Pembangkit Listrik Tenaga Thorium (PLTT) 500 MW memiliki konsep desain modular dengan kapasitas tiap reaktor 250 MWe yang dapat dioperasikan multimode, baik sebagai baseload atau load follow.

“PLTT dengan menggunakan model desain struktur Kapal dengan Panjang 174 meter dan lebar 66 meter, yang setara dengan tanker kelas Panamax ini rencananya akan di bangun oleh DSME di Korea Selatan. Pada bulan Mei lalu, kedua pihak yang didampingi oleh perwakilan dari Pemerintah, telah mengunjungi DSME dan mendapatkan konfirmasi bahwa DSME sanggup membangun desain PLTT dalam kurang dari tiga tahun,” kata kata Chief Representative Thorcon International Pte, Ltd Bos S Effendi.

Show More

Artikel Terkait

Back to top button
Close